Home » , , , » Selamat Menyambut Hari Raya Nyepi tahun saka 1935

Selamat Menyambut Hari Raya Nyepi tahun saka 1935

Advertisement
SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU SAKA 1935.
TAHUN BARU SAKA 1935
Kepada seluruh sahabat dan pengunjung Rah-toem.blogspot.com, saya ucapkan SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU SAKA 1935.
Tahun caka dimulai dari Penanggal Apisan Sasih Kedasa yaitu satu hari setelah bulan mati (tilem) pada sasih kesanga. untuk menyambut Tahun Baru Caka, masyarakat Bali melaksanakan Hari Raya Nyepi dengan Brata Penyepian. Berikut ini saya akan menguraikan makna, tujuan dan manfaat dari Hari Raya Nyepi. Bagian-bagian dari Catur brata Penyepian diantaranya:
  1. Amati Gni
  2. Amati Karya
  3. Amati Lelungan
  4. Amati Lelanguan
Amati Gni artinya tidak menyalakan api. Api yang dimaksud adalah api yang digunakan untuk membakar, memasak ataupun segala bentuk api. Api yang patut pula dipadamkan adalah api yang berkobar dalam diri yang berupa nafsu, egoisme dan kemarahan.


Amati Karya berarti bahwa umat tidak diperbolehkan untuk melakukan kerja. Sehingga pada hari penyepian masyarakat diharapkan untuk beristirahat dari pekerjaannya. hal ini dimaksudkan agar manusia dapat mengistirahatkan diri dan sepenuhnya menghubungkan diri dengan Tuhan.

Amati Lelungan berarti umat dilarang untuk bepergian keluar dari rumah ataupun jalan-jalan apalagi shoping, tracking dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar pada satu hari itu alam menjadi tenang tanpa hiruk pikuk aktifitas manusia.

Amati Lelanguan artinya adalah umat tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan berfoya-foya, menikmati hiburan yang berlebihan dan bersenang-senang.

keempat bentuk pengendalian ini harus dilaksanakan dengan tujuan agar umat secara penuh dapat berkonsentrasi untuk berhubungan dengan tuhan serta dapat mengkoreksi diri (Mulat sarira). Ketika manusia telah mampu menyadari dirinya dan mengkoreksi diri baik kekurangan dan kelemahannya maka pada tahun yang baru akan muncul pribadi-pribadi yang baru yang lebih baik dari hari sebelumnya. Selain dampak nyepi kedalam juga pelaksanaan Hari Raya Nyepi memberikan dampak positif keluar yakni berpengaruh besar pada kelestarian alam beserta isinya karena dengan Nyepi tentunya alam akan mendapatkan kesempatan untuk terbebas dari segala polusi dan hal-hal negatif lainnya.

0 komentar:

Post a Comment