Silabus Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti SMK Kelas X
Bagi sahabat The Bali buzz, baik yang berprofesi sebagai guru atau yang masih bersekolah duduk dikelas X jenjang SMA maupun SMK, berikut ini kami bagikan Silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum 2013 untuk SMA/SMK kelas X.
Kompetensi Inti :
Silabus Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti
Kurikulum 2013
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu.
1.2. Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari). 2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa). 2.2 Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi. |
|||||
3.1
Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang
terkandung dalam kitab Ramayana
4.1 Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Ramayana dalam
kehidupan
|
Nilai-nilai
Yajňa dalam Ramayana
|
Mengamati:
· Peserta
didik mengamati pelaksanaan Yajňa dan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab Ramayana
· Peserta
didik membaca sumber-sumber atau sloka yang mewajibkan melaksanakan Yajňa
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan jenis-jenis Yajňa yang terdapat dalam kitab Ramayana
· Pendidik
menunjukkan sarana yang dapat dipakai sebagai Yajňa
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
· Peserta
didik menuliskan macam-macam Yajňa yang terdapat dalam kitab Ramayana
· Pendidik
mencontohkan Yajňa yang tepat sesuai cerita Ramayana
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menyimpulkan pelaksanaan Yajňa dalam kitab Ramayana
· Menganalisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam pelaksanaan Yajňa dalam cerita Ramayana
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan dalam bentuk tulisan pelaksanaan Yajňa dalam kitab
Ramayana
· Menunjukkan
gambar/foto terkait kegiatan pelaksanaan Yajňa, menonton dalam cerita
Ramayana
|
Tugas:
Membuat ringkasan materi Yajňa yang terkandung dalam kitab
Ramayana
Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan Yajňa yang terkandung
dalam kitab Ramayana dan dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan Yajňa yang terkandung dalam kitab
Ramayana di masyarakat
Tes:
Tertulis,
lisan nilai-nilai Yajňa
|
18
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Ramayana
|
3.2
Menyebutkan ajaran Upaveda sebagai tuntunan
hidup
4.2 Menalar Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
Ajaran
Upaveda
|
Mengamati:
·
Peserta didik mendengarkan dengan seksama penjelasan Upaveda
·
Peserta didik mengamati
penerapan Upaveda dalam kehidupan
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan bagian-bagian Upaveda
·
Pendidik menunjukkan
pentingnya penerapan Upaveda dalam kehidupan
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
· Peserta
didik membuat struktur dalam bentuk peta konsep bagian-bagian Upaveda
· Pendidik
mencontohkan sari-sari Itihasa yang berkaitan dengan kehidupan
Mengasosiasi:
·
Peserta didik membuat sipnosis cerita Ramayana dan Mahabharata, bagian dari
Upaveda
·
Peserta didik mengenal tokoh-tokoh yang
Dharma dan Adharma dalam Itihasa
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan dalam bentuk tulisan bermain peran seperti tokoh-tokoh
yang terdapat dalam Ramayana dan Mahabharata
· Membuat
dalam bentuk gambar-gambar, peta Konsep, diagram bagian-bagian dari Upaveda
|
Tugas:
Membuat
ringkasan dan peta konsep Upaveda
Observasi:
Menuliskan hasil mengamati pelaksanaan Upaveda dalam masyarakat
Hindu setempat
Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan dan penerapan Upaveda dalam
masyarakat
Tes:
Tertulis, lisan materi Upaveda
|
18
JP
|
§ Kitab
Veda
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Dharmasastra
|
3.3
Menjelaskan hakekat Padewasan (wariga) dalam
kehidupan umat Hindu.
Baca Juga
4.3
Mempraktekkan cara menentukan padewasan (wariga) dalam kehidupan umat
Hindu
|
Hakekat
Padewasan
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak penjelasan hakekat Padewasan dalam kehidupan masyarakat
·
Peserta didik mengamati kalender Hindu dalam
rangka pemahaman Padewasan (Wariga)
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan cara-cara menentukan Pedewasan agar
segala sesuatu yang dikerjakan berhasil dengan baik
· Peserta didik menanya dampak baik dan negative terhadap
penerapan Padewasan (Wariga)
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
· Peserta
didik mengumpulkan data macam-macam pedewasan, baik untuk Upacara keagamaan
maupun dalam kegiatan kemasyarakatan
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung penerapan Padewasan (Wariga)
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menentukan manfaat Padewasan dan akibat baik dan buruk dalam
pelaksanaannya
· Menganalisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam penerapan Padewasan (Wariga)
Mengomunikasikan:
· Peserta didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan dampak positf dan negatif dalam pelaksanaan
Padewasan
· Membuat
dalam bentuk gambar-gambar/foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan
penerapan Padewasan
|
Tugas:
· Membuat
ringkasan Padewasan (wariga)
· Menuliskan
Pawukon dan Sasih secara berurutan
Observasi:
Menuliskan hasil mengamati pelaksanaan Padewasan (wariga) dalam
masyarakat Hindu sesuai dengan daerah setempat
Portofolio:
Membuat laporan
pelaksanaan Padewasan (wariga) dalam masyarakat Hindu sesuai dengan
daerah setempat
Tes:
Tertulis, lisan materi Wariga/padewasan
|
18
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Buku
Wariga
§ Kalender
Hindu
|
3.4
Menjelaskan ajaran Dharsana dalam agama
Hindu
4.4
Menalar ajaran Dharsana sabagai bagian dalam
filsafat Hindu
|
Ajaran
Dharsana
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak dengan seksama penjelasan Dharsana
·
Peserta didik mendengarkan pendidik
menjelaskan bagian-bagian Dharsana
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
bagian-bagian Dharsana
·
Pendidik memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk menyebutkan tokoh-tokoh utama dari Dharsana
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
· Peserta
didik mengumpulkan data tokoh-tokoh utama yang berperan dalam Dharsana
· Mengumpulkan
sumber-sumber sastra untuk mendukung Dharsana
Mengasosiasi:
· Peserta
didik mendiskusikan
persamaan dan perbedaan pandangan dalam ajaran Dharsana
·
Menganalisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam ajaran Dharsana
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan dalam bentuk tulisan hakekat ajaran Dharsana berkaitan
dengan Sraddha dalam agama Hindu
· Membuat
dalam bentuk bagan yang memuat hal-hal yang ditonjolkan dari masing-masing
Sad Dharsana
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan Dharsana
Observasi:
Membuat hasil pengamatan Dharsana dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat laporan pandangan
Dharsana dan tanggapannya terhadap Veda sebagai ajaran Hindu
Tes:
Tertulis,
lisan filsafat Dharsana
|
18
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Dharmasastra
§ Buku
Dharsana
|
3.5
Menjelaskan ajaran Catur Asrama
4.5
Mempraktekkan manfaat menjalani ajaran Catur
Asrama dalam kehidupan
|
Catur
Asrama
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak dengan seksama
penjelasan ajaran Catur Asrama
· Peserta
didik membaca manfaat menjalani tahapan hidup dalam Catur Asrama
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
bagian-bagian Catur Asrama
·
Pendidik memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik kewajiban yang harus dilakukan
terhadap orang yang melaksanakan tahapan hidup sesuai dengan ajaran Catur
Asrama
Mengeksperimen/
mengeksplorasikan:
·
Peserta didik mengungkapkan contoh kewajiban masing-masing
bagian Catur Asrama
· Mengumpulkan
data-data dimasyarakat terkait pelaksanaan Catur Asrama
Mengasosiasi:
· Mendiskusikan kewajiban dan
tanggungjawab dalam bagian-bagian Catur Asrama jika dihubungkan dengan budaya,
adat istiadat, dalam kehidupan global
· Menganalisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam penerapan Catur Asrama dalam masyarakat
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan dalam bentuk tulisan manfaat dan tanggungjawab
masing-masing bagian Catur Asrama
· Menunjukkan
gambar /foto kegiatan masing-masing tahapan hidup dalam Catur Asrama
|
Tugas:
· Peserta
didik membuat ringkasan Catur Asrama
· Peserta
didik menuliskan hak dan kewajiban sesuai denga masa Brahmacarya
Observasi:
Membuat
hasil mengamati pemahaman dan pelaksanaan
Catur Asrama dalam masyarakat Hindu sesuai dengan budaya Hindu daerah
setempat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Catur Asrama
berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai umat Hindu dalam masyarakat setempat
Tes:
Tertulis, lisan Catur Asrama
|
18
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
|
3.6
Menjelaskan perilaku gotong royong dan
kerjasama, serta berinteraksi secara efektif
dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu
4.6 Menyaji masing-masing fungsi
Catur Warna dalam masyarakat
|
Catur
Warna
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak dengan seksama ajaran
Catur Warna
· Peserta
didik mendengarkan pendidik menjelaskan peran Catur Warna dalam fungsi dan
tugasnya dalam masyarakat
Menanya:
· Peserta didik menanyakan penjelasan bagian-bagian Catur Warna
· Pendidik memberikan kesempatan untuk memjawab perbedaan
Catur Warna dengan Catur Kasta
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Mengungkapkan
contoh kewajiban dari masing-masing bagian Catur Warna
· Mengumpulkan
data-data pendukung pelaksanaan Catur Warna dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Mendiskusikan hubungan peran
masing-masing Warna menurut agama Hindu bila dihubungkan dengan budaya adat
istiadat, dan kehidupan global
· Menganalisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam penerapan Catur Warna dalam masyarakat
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan dalam bentuk tulisan peranan dan tanggungjawab
masing-masing Warna sesuai ajaran Catur Warna dalam masyarakat, adat budaya,
hidup berbangsa dan bernegara
· Menunjukkan
gambar /foto kegiatan masing-masing Warna
|
Tugas:
· Peserta
didik membuat ringkasan Catur Warna
· Peserta
didik mengidentipikasi pelaksanaan Catur Warna dalam masyarakat dan dalam
hubungan hidup berbangsa dan bernegara
Observasi:
Membuat hasil mengamati pemahaman dan pelaksanaan Catur Warna dalam masyarakat Hindu dalam
kerangka tegaknya NKRI
Portofolio:
Membuat laporan
pelaksanaan Catur Warna dan
tanggapannya dalam masyarakat
Tes:
Tertulis,
lisan materi Catur Warna
|
18
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
|
Post a Comment for "Silabus Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti SMK Kelas X"