Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kurikulum 2013 revisi 2017
Hai sahabat the bali buzz, kali ini saya berbagi informasi tentang kompetensi inti dan kompetensi terbaru mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang menonjol, hanya saja ada beberapa penyempurnaan untuk semua bidang keahlian.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Upacara Ngerorasin |
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif dan proaktif melalui keteladanan,pemberian
nasehat,penguatan,pembiasaan,dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1.1
Mengamalkan
nilai-nilai Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,peduli dalam kehidupan sesuai dengan nilai-nilai Yajna
yang terkandung dalam kitab Ramayana
|
||
1.2 Mengamalkan
ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup
|
2.2 Mengamalkan
ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup
|
||
1.3 Menghayati
hakekat Wariga dalam kehidupan
|
2.3 Mengamalkan
Wariga dalam kehidupan sehari-hari
|
||
1.4 Mengamalkan
ajaran Dharsana dalam Agama Hindu
|
2.4 Mengamalkan
kebenaran yang tertuang dalam ajaran Dharsana
|
||
1.5 Memahami
pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama
|
2.5 Mengamalkan ajaran Catur Asrama dalam tatanan hidup
|
||
1.6 Menghayati ajaran Catur Warna dalam
susastra Hindu
|
2.6 Mengamalkan
pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Warna
|
||
1.7 Mengamalkan
perilaku gotong royong dan kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan
menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu
|
2.7 Menjalankan pola hidup gotong royong dan kerjasama serta
berinteraksi secara efektif sesuai dengan tatanan ajaran Catur Warna
|
Jaen
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian kerja pada tingkat teknis, spesifik, detail dan
kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan
internasional
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan
alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup
kajian.
Menunjukkan ketrampilan menalar,mengolah,dan menyaji secara
efektif,kreatif,produktif,kritis,mandiri,kolaboratif,komunikatif dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
|
Kelas X
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
3.1 Memahami
hakekat dan nilai-nilai Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana
|
4.1 Menyajikan pelaksanaan
yadnya menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
|
15 JP
|
3.2 Menerapkan ajaran
upaweda sebagai tuntunan hidup
|
4.2 Melaksanakan ajaran upaweda sebagai tuntunan hidup
|
12 JP
|
3.3 Menerapkan hakekat ajaran Wariga dalam kehidupan
|
4.3 Melaksanakan hakekat ajaran wariga dalam kehidupan
|
18 JP
|
3.4 Menganalisis ajaran
Dharsana dalam agama Hindu
|
4.4 Menyajikan ajaran
Dharsana dalam agama Hindu
|
18 JP
|
3.5 Memahami
ajaran Catur Asrama
|
4.5 Menyajikan ajaran Catur
Asrama
|
15 JP
|
3.6 Memahami ajaran Catur Warna dalam susastra Hindu
|
4.6 Menyajikan ajaran Catur Warna dalam susastra Hindu
|
12 JP
|
3.7 Menerapkan perilaku gotong royong dan kerjasama,serta berinteraksi
secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu
|
4.7 Mempraktekkan
perilaku gotong royong dan
kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur
Warna sesuai sastra Hindu
|
18 JP
|
Kelas XI SMK/SMA
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
1.8 Memahami
ajaran Yoga menurut Susastra Hindu
|
2.8 Memperagakan perilaku ajaran Yoga menurut susastra Hindu
|
||
1.9 Memahami ajaran Yajna sesuai dengan ajaran Mahabharata
|
2.9 Menyajikan perilaku ajaran Yajna dalam kehidupan
|
||
1.10 Memahami ajaran Catur Marga sebagai
jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
2.10 Mengamalkan
perilaku Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
||
1.11 Memahami ajaran Wibhuti Marga dalam
kehidupan
|
2.11 Mengamalkan
perilaku ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan
|
||
1.12 Memahami kitab
Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
2.12 Mengamalkan
kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
||
1.13 Memahami
nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan
|
2.13 Mengamalkan
perilaku ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam
kehidupan
|
||
1.14 Memahami nilai-nilai ajaran Catur Purusha Arta dalam kehidupan
|
2.14 Mengamalkan nilai-nilai ajaran Catur Purusha Artha dalam kehidupan
|
||
1.15 Memahami perilaku
bertanggungjawab,peduli,santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga
yang rukun,bahagia dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
|
2.15 Mengamalkan
perilaku bertanggungjawab,peduli,santun dan cinta damai untuk menciptakan
keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
3.8 Memahami ajaran Yoga menurut
Susastra Hindu
|
4.8 Memperagakan sikap Yoga dalam
kehidupan sehari-hari
|
12 JP
|
3.9 Memahami ajaran Yajna yang terkandung dalam Mahabarata
|
4.9 Menyajikan
pelaksanaan Yajna menurut Mahabarata dalam kehidupan
|
15 JP
|
3.10 Menerapkan ajaran
Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
4.10 Melaksanakan ajaran
Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
|
12 JP
|
3.11 Memahami ajaran
Wibhuti Marga dalam kehidupan
|
4.11 Menyajikan ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan
|
18 JP
|
3.12 Memahami kitab
Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
4.12 Menyajikan kitab
Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
15 JP
|
3.13 Memahami nilai-nilai
ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan
|
4.13 Menalar nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti
Marga dalam kehidupan
|
12 JP
|
3.14 Memahami hakekat ajaran Catur
Purusha dalam kehidupan sehari-hari
|
4.14 Menalar ajaran Catur
Purusha dalam kehidupan sehari-hari
|
9 JP
|
3.15 Memahami perilaku bertanggung jawab,peduli,santun
dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera
sesuai ajaran Wiwaha
|
4.15 Menyajikan perilaku bertanggung jawab,peduli,santun
dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera
sesuai ajaran Wiwaha
|
15 JP
|
Kelas XII SMK/ SMA
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
1.16 Menghayati ajaran Moksa dalam susastra Weda
|
2.16 Mengamalkan ajaran Moksa dalam
susastra Weda
|
||
1.17 Menghayati hukum Hindu yang tertuang dalam Susastra Weda
|
2.17 Mengamalkan sumber hukum
Hindu yang tertuang
dalam susastra weda
|
||
1.18 Menghayati
perkembangan kebudayaan Prasejarah
dan Sejarah agama Hindu
|
2.18 Mengamalkan perkembangan kebudayaan Prasejarah dan Sejarah agama Hindu
|
||
1.19 Mengamalkan
ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam konsep Weda
|
2.19 Mengamalkan
ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata
|
||
1.20 Menghayati
ajaran Nawa Widha Bhakti
|
2.20 Mengamalkan
ajaran Nawa Widha Bakti sebagai ajaran sikap hidup positif dalam kehidupan
|
||
1.21 Menghayati
ajaran Tri Purusha
|
2.21 Mengamalkan
ajaran Tri Purusha sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi
|
||
1.22 Mengamalkan sikap disiplin dan
perduli dan bertanggung jawab sesuai dengan ajaran Dasa Yama Bratha
|
2.22 Mengamalkan ajaran Dasa
Yama Bratha
dalam kehidupan sehari-hari
|
||
1.23 Menghayati konsep ajaran yang
tertuang Dasa Nyama Bratha
|
2.23 Mengamalkan ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
3.16 Menerapkan ajaran Moksa dalam
Susastra Weda
|
4.16 Melaksanakan ajaran
Astangga yoga sebagai jalan untuk
mencapai Moksa
|
12 JP
|
3.17 Memahami hukum Hindu dalam susastra Weda
|
4.17 Menalar hukum Hindu dalam
susastra Weda
|
12 JP
|
3.18 Menganalisis kebudayaan prasejarah dan sejarah Hindu di Indonesia
|
4.18 Menyajikan bukti- kebudayaan prasejarah dan sejarah Hindu di Indonesia
|
21 JP
|
3.19 Menerapkan ajaran
Yantra,Tantra dan Mantra dalam
kehidupan
|
4.19 Melaksanakan ajaran
Yantra,Tantra dan Mantra dalam
kehidupan
|
12 JP
|
3.20 Menerapkan ajaran Nawa
Widha Bhakti sebagai
ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan
|
4.20 Melaksanakan ajaran Nawa
Widha Bakti sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan
|
12 JP
|
3.21 Menganalisis Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
|
4.21 Mempresentasikan Tri Purusha sebagai manifestasi Ida
Sang Hyang Widhi
|
9 JP
|
3.22 Menerapkan sikap jasmani, sesuai
dengan ajaran Dasa Yama Bratha
|
4.22 Mempraktekkan ajaran Dasa Yama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
9 JP
|
3.23 Menerapkan sikap rohani, sesuai
dengan ajaran Dasa Nyama
Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
4.23 Mempraktekkan ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan
sehari-hari
|
12 JP
|
Demikianlah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti tingkat SMA/ SMK pada kurikulum 2013 revisi 2017.
Post a Comment for "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kurikulum 2013 revisi 2017"