Home » , , » Input Hardware - Perangkat Keras Masukan pada sistem komputer

Input Hardware - Perangkat Keras Masukan pada sistem komputer

Advertisement




INPUT DEVICE
Input devince atau perangkat input adalah perangkat-perangkat keras komputer yg berfungsi untuk memasukan data ke dalam komputer dan prosesor untuk diolah menjadi sebuah informasi yg diperlukan.

1. Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papan yg terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3,4,5,8, dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk betindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
Ada beberapa bagian dari keyboard, yaitu sebagai berikut :
a. Typewriter Keys
Bagian ini merupakan bagian yg paling komplit. Tombol-tombol typewriter keys terdiri atas tombol-tombol huruf (alphabetic), angka (numeric), dan tanda baca (punctuation).

b. Control Keys
Bagian control keys sebenarya terdapat pada bagian typewriter keys. Pada bagian ini , terdapat tombol-tombol karakter khusus, seperti tombol enter, backspace, shift, capslock, tab, ctrl, dan alt.

c. Function Keys
Tombol function keys terdiri atas 12 tombol, yaitu dari F1 sampai dengan F12 yg terletak di keyboard bagian atas.

d. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan tombol-tombol yg terletak di bagian sebelah kanan, yg berisikan tombol angka (numeric) beserta tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Selain itu, juga ada tombol enter, numloc serta tombol-tombol lainnya yg berfungsi untuk menggerakkan kursor (missal: pgup, pgdn, home, end, kiri, kanan, atas, dan bawah).

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yg berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG. Namun, yg terbanyak digunakan sanmpai saat ini adalah susunan QWERTY.

Selain tombol huruf, angka, dan tanda baca pada keyboard yang dijumpai di keyboard, juga dapat menggunakan tombol-tombol lainnya yang terdapat pada keyboard.


Tombol Alt akan berfungsi apabila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk Shut down atau menutup windows program yang sedang aktif
Tombol Ctrl akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga Ctrl+C akan berguna untuk menyalin suatu objek yang ditunjukan ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan Ctrl+V
Tombol F1-F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan system operasi atau aplikasi. Missal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaannya sama dengan pilihan Cancel, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
 Tombol Enter adalah tombol yang kegunaannya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa
operasi yang dilakukan betuldan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
Pada Window dialog, menekan tombol Tab berarti pindah ke Field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, Tab berarti lompat ke penghentian tab Tab (Tab-stop) terdekat.
 Menggerakan penunjuk karakter (cursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.


Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) di sebelah kiri kursor tarhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter (huruf) di sebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol home akan mengakibatkan kursor akan berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PageUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PageDown akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada


Secara pisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:




1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATK dan saat ini paling banyak digunakan. Pemasangan keyboard type ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port mouse.

3. Keyword Wireless
Sesuai dengan namanya, keyword type ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau Bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

4. Keyboar USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB  yang menjamin transfer data lebih cepat.


2. Mouse


Mouse adalah salah satu unit masukan (Input Device). Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat disbanding dengan keyboard.

Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak system operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sebagaian besar mouse terdiri dari tigaa tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana tombol ini terletak ditengah-tengah.

Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.

Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau bersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.

Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click).

Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.



3. Joystick

Joystick atau dalam bahasa Indonesia disebut kuas control adalah alat masukan (Input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.

Joystick umumnya digunakan sebagai:
a. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi dari satu tombol.
b. Untuk mongontrol permainan video
c. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk.


4. Barcode Reader


Barcode reader merupakan alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertical (disebut dengan barcode) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk konsumen.


Barcode adalah susunan garis cetak vertical hitam putih dengan lebar berbeda untuk menyimpan data sfesifik seperti kode produksi, nomor identitas, dan lain sebagainya sehingga system komputer dapat mengidentifikasi dengan mudah informasi yang dikodekan dalam Barcode.

5. Scanner
Scanner (pemindai) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

Ada dua macam tipe scanner :
a. Magnetic Ink Character Recognition (MICR) Reader
Alat pembaca karakter yang ditulis menggunakan tinta magnetic. Banyak digunakan di Bank-bank, untuk transaksi cek (cheque).
Bank memproses nomor rekening dan nama Bank yang ditulis menggunakan tinta magnetic pada bagian belakang cek.
b. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
OMR banyak digunakan untuk membaca skor test (test scoring) yang terdapat pada kertas jawaban mark sense form yang dituliskan dengan cara menandai jawaban pilihan dengan menggunakan pensil 2B. aplikasi ini banyak diterapkan pada ujian masuk perguruan tinggi, questioner, registrasi mahasiswa dan sebagainya.

6. Microphone
Microphone adalah alat mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Microphone digunakan untuk memasukan input berupa suara atau audio.

7. Light Pen
Light Pen juga merupakan salah satu input device dari system komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.

Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, light pen memerlukan adanya monitor dengan kualitas yang prima (high resolution). Dengan adanya sebuah photo transistor detector, maka pada sebuah monitor akan terbagi menjadi beberapa baris dan kolom yang dimiliki oleh monitor, semakin bagus pula gambar yang akan dihasilkannya.

Light pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pada pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektronik. Para arsitek banyak yang meletakan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia. Dengan demikian light pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Skema gambar juga muncul melalui monitor.


8. Touch Pad
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

0 komentar:

Post a Comment