Home » » CARA MEMPEROLEH SAMBUNGAN INTERNET dengan Berbagai bentuk Sambungan-BAHAN AJAR TIK SMP/MTs

CARA MEMPEROLEH SAMBUNGAN INTERNET dengan Berbagai bentuk Sambungan-BAHAN AJAR TIK SMP/MTs

Advertisement
CARA MEMPEROLEH SAMBUNGAN INTERNET
Agar komputer dapat tersambung ke internet banyak cara yang bisa di lakukan. Berikut ini adalah cara- cara untuk memper oleh sambungan ke internet.

1.  Dial up yaitu akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
contoh :Telkomnet instan
 
2.  ADSL adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain, koneksi internet melalui media  kabel telpon rumah dengan menggunakan modem ADSL contohnya :Speedy.
 
3. Kabel data Modem HP yaitu : Koneksi internet  menggunakan kabel data ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.
 
4. Bluethoot Modem HP yaitu koneksi internet melalui bluethoot yang tersambung ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.
 
5.USB Wirless modem GSM(Global System for Mobile Communications) /CDMA (Code division multiple access) yaitu koneksi internet menggunakan perangkat USB modem yang diisi dengan kartu seluler GSM atau CDMA.
 
6.WIFI yaitu koneksi internet melalui jaringan WIFI pada lokasi tertentu yang terdapat Hotspot area. (nirkabel)
 
7.Wirless LAN yaitu suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar.

8. V-SAT Yaitu koneksi internet menggunakan parabola yang di hadapkan ke satelit untuk memperoleh sambungan internet. melalui  stasiun penerima, sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit geostasioner merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik  yang sama di atas permukaan bumi, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.
 
9.PCMCIA Yaitu koneksi internet menggunakan perangkat PCMCIA yang digunakan pada laptop.
 
10.Modem UHF yaitu koneksi internet malalui antena UHF
 
11. Modem Power yaitu koneksi internet melalui kabel listrik dari PLN. juga dikenal sebagai Power Line Digital Subscriber Line (PDSL), mains communication, Power Line Telecom (PLT), Power Line Networking (PLN), atau Broadband over Power Lines (BPL) adalah sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Sehingga jaringan listrik selain berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi media penghantar komunikasi.
Daya listrik ditransmisikan melalui jalur transmisi tegangan tinggi, yang didistribusikan melalui tegangan menengah, dan digunakan di dalam gedung pada tegangan rendah. PLC dapat diterapkan pada setiap tahap. Kebanyakan teknologi PLC membatasi diri untuk satu set kabel (misalnya, kabel tempat), tetapi beberapa dapat silang antara dua
tingkat (misalnya, baik jaringan distribusi dan kabel tempat).Biasanya trafo mencegah menyebarkan sinyal yang memungkinkan beberapa teknologi PLC dijembatani untuk membentuk jaringan yang sangat besar.

SUMBER :Modul Ajar Teknologi Informasi dan Komunikasi-PPPPTK MALANG

0 komentar:

Post a Comment