Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA
Berikut ini adalah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA kelas X,XI,XII
KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik,
ekonomi,dan kebijakan publik
|
3.
Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri,
imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial,
lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba,
dan kriminal (terorisme)
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk menjelaskan film/drama, humor, dan laga
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan
film/drama
baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
KELAS: XII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan
internasional
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi, sosial,
dan kriminal
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan iklan yang bersifat
deskriptif, persuasif, maupun eksposisi
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik sosial,
politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.3
Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Post a Comment for "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA"