Home » » Contoh RPP Mapel Agama Hindu Kls XII

Contoh RPP Mapel Agama Hindu Kls XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : AGAMA HINDU
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 6
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami Seni Kebudayaan Hindu
Kompetensi Dasar : 2.1 Menguraikan jenis-jenis Seni Keagamaan (Sakral dan Profan)
2.2. Menguraikan Tujuan dan Seni Keagamaan

2.3. Menguraikan Manfaat Seni Keagamaan Hindu dalam Pembentukan Kepribadian
2.4. Melatih Diri untuk Memperagakan Seni Keagamaan sesuai Kondisi Setempat
Indikator : 1. Menyebutkan jenis-jenis Seni Keagamaan (sakral dan profan)
2. Menjelaskan jenis-jenis Seni Keagamaan (sakral dan profan)
3. Menyebutkan Tujuan dan Seni Keagamaan
4. Menjelaskan Tujuan dan Seni Keagamaan
5. Menjelaskan Manfaat Seni Keagamaan Hindu dalam Pembentukan Kepribadian
6. Mengenal contoh-contoh seni Sakral dan Profan
7. Mempraktekan Contoh-contoh Seni suara (Sekar Agung Rajani)
I. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis seni keagamaan (sakral dan profan)
2. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis seni keagamaan (sakral dan profan)
3. Siswa dapat menyebutkan tujuan dan seni keagamaan
4. Siswa dapat menjelaskan tujuan dan seni keagamaan
5. Siswa dapat menjelaskan manfaat seni keagamaan hindu dalam pembentukan kepribadian
6. Siswa dapat mengenal contoh-contoh seni sakral dan profan
7. Siswa dapat mempraktekan contoh-contoh seni suara (sekar agung rajani)
II. Materi Ajar : 1. Pengertian Seni
2. Pembagian Seni
3. Tujuan Seni Keagamaan
4. Manfaat Seni Keagamaan
5. Contoh-Contoh Seni Keagamaan
III. Metode Pembelajaran : Diskusi, CTL, Tanya Jawab, Ceramah
IV. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan pertama,
    1. Kegiatan Awal :
- Guru dan siswa mengucapkan salam panganjali
- Guru mengabsen siswa
- Guru memberikan appersepsi: “Bhakti marga adalah salah satu jalan untuk menghubungkan diri dengan tuhan dengan melaksanakan sujud bhakti dan cinta kasih. Sujud bhakti dapat dilakukan dengan cara namasmaranam / menyebut-nyebut nama Tuhan. Menyebutkan nama Tuhan bisa dilakukan dengan membaca mantra, melagukan syair-syair tentang kebesaran nama Tuhan yang dilandaskan dengan Estetika / seni. Sehingga keberadaan seni tidak bisa dipisahkan dari kehidupan keberagamaan khususnya Agama Hindu. Dalam tradisi Bali khususnya ada berbagai macam seni mulai dari yang berhubungan dengan keagamaan maupun hiburan semata.
    1. Kegiatan Inti :
Eksplorasi : Guru memberikan pertanyan 1) apakah pengertian budaya?, 2) Apakah yang dimaksud dengan seni?, 3) Apakah bagian-bagian dari Seni?
Elaborasi : 1) Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. 2) Guru memberikan bahan diskusi. 3) Siswa mendiskusikan tentang Pengertian budaya, pengertian seni dan bagian-bagian seni.
Konfirmasi : 1) Siswa menyajikan hasil dari diskusinya
2) Guru memberikan umpan balik yang positif
    1. Kegiatan Akhir :
1. Guru dan siswa membuat rangkuman bersama-sama
2. Rangkuman :
a) Budaya adalah segala hasil cipta, rasa, karsa manusia untuk membantu kehidupan.
b) “san” berarti persembahan dalam upacara agama. Seni berarti hasil ciptaan atau buah pikiran manusia yang dapat diungkapkan dan menunjukan kemahiran teknis dan merupakan wujud yang dapat didengar sehingga ikut memberikan kebahagiaan hati/hidup
3) Pembagian Seni : Seni Tari, Seni Suara, Seni Tabuh, Seni Bangunan
Pertemuan kedua, dst.
VI. Penilaian : …
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : …
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran

0 komentar:

Post a Comment