Home » , » Pemimpin dan Kepemimpinan

Pemimpin dan Kepemimpinan

Advertisement



Manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. sebutan ini tidaklah salah, karena kalau kita lihat bahwasanya manusia dalam kehidupannya di dunia ini diberikan satu kelebihan dibanding mahluk ciptaan Tuhan yang lainnya. kelbihan yang di berikan oleh Tuhan kepada Manusia adalah "IDEP". dengan idep manusia bisa mempertimbangkan segala perbuatannya yang masih dalam pikiran. dalam artian bahwa segala hal yang dilakukan oleh manusia baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan adalah sudah melalui penyaringan (pertimbangan-pertimbangan) yang disebut Wiwekakemampuan untuk mempertimbangkan.
Manusia disebut pula sebagai mahluk sosial yang selalu saling membutuhkan dengan manusia yang lainnya. karena manusia adalah mahluk sosial maka kehidupan manusia terbentuk dalam koloni-koloni atau kelompok kemasyarakatan seperti Banjar, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Negara dan berbagai sebutan lainnya. di masing-masing kelompok ini terdapat satu sosok manusia yang dijadikan sebagai pemimpin yang diharapkan dapat mengatur pola kehidupan kelompok tersebut. hal ini didasarkan atas karakteristik dari masing-masing individu adalah berbeda-beda sehingga harus diselaraskan agar terciptanya kehidupan yang harmonis diantara manusia yang tergabung dalam kelompok tertentu.

  1. PENGERTIAN PEMIMPIN dan KEPEMIMPINAN
Sering sekali dalam kehidupan masyarakat kita mendengar sebutan pemimpin dan kepemimpinan. apakah sebenarnya pemimpin itu? dan apa sebenarnya kepemimpinan?
dalam kamus Bahasa Indonesia disebutkan bahwa kata Pemimpin kata dasarnya adalah Pimpin yang mempunyai arti tuntun, bimbing. maka dapat diartikan bahwa kata pemimpin berarti orang yang menuntun atau orang yang membimbing. secara umum Pemimpin merupakan orang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk diajak bekerja secara bersama-sama guna tercapainya tujuan yang telah ditetapkan secara bersama.
Kepemimpinan merupakan cara atau teknik dalam mempengaruhi orang lain supaya secara tulus ikhlas mau mengikuti dan melakukan sesuatu dalam rangka pencapaian tujuan bersama.

0 komentar:

Post a Comment