Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan Menuju Moksa - bagian 1 - Materi Agama Hindu

Penuh semangat, Ibu Sekehe Istri ngayah di Pura

Banyak jalan dapat dilalui oleh seseorang untuk mewujudkan hidup yang lebih baik dalam hidup ini, Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi beserta prabhawa-Nya selalu membukakan pintu-Nya bagi orang-orang yang berhati baik untuk berbuat mulia.

Perenungan:
Mat-karma krn mat-paramo,
mad-bhaktah sanga-varjitah,
nirvairah sarva-bhùtesu
yah sa màm eti pandava.

Terjemahan:
Ia yang melakukan pekerjaan-Ku, ia yang memutuskan Aku sebagai tujuannya, ia yang menyembah Aku bebas dari ikatan, ia yang bebas dari permusuhan pada semua makhluk, ia datang padaku, O Arjuna (Bhagawadgita XI. 55).


Tujuan terakhir dan tertinggi yang ingin dicapai oleh umat Hindu adalah Moksha. Berbagai macam cara/jalan dapat dilakukan oleh umat bersangkutan, gunamewujudkan tujuan utamanya ini, termasuk sembahyang. Dengan menjalankan sembahyang, bathin seseorang menjadi tenang, dengan Dharana (menetapkan cipta), Dhyana (memusatkan cipta) dan Samadhi (mengheningkan cita), manusia berangsur-angsur dapat mencapai tujuan hidupnya yang tertinggi.

Ia adalah bebas dari segala ikatan keduniawian. Guna mencapai penyatuan Atman dengan Brahman, renungkan, pedomani, dan amalkanlah dalam kehidupan sehari-hari sloka berikut ini:
Bahùnàm janmanàm ante
jnànavàn màm prapadyate,
vàsudevah sarvam iti
sa mahàtmà su-durlabhah.

Terjemahan:
Orang yang bijaksana akan datang kepada-Ku, pada akhir dari banyak kelahiran karena mengetahui bahwa Vasudeva (Tuhan) adalah segalanya ini: sukar mendapatkan orang seperti itu (Bhagavadgita VII. 19).

Mendapatkan seseorang berjiwa besar seperti itu adalah sukar mencarinya. Banyak makhluk akan keluar/lahir dan mati, serta hidup kembali tanpa kemampuannya sendiri. Akan tetapi masih ada satu yang tak tampak dan kekal, tiada masa dan waktu pada saatnya semua makhluk menjadi binasa (pralina). Yang tak tampak dan kekal itulah harus menjadi tujuannya yang utama, supaya tidak mengalami penjelmaan ke dunia. Itulah tempat-Ku yang tertinggi, oleh karenanya haruslah berusaha demi Aku. Jika engkau selalu ingat kepadaKu, tak usah disangsikan engkau akan kembali kepada-Ku. Untuk mencapai ini orang harus selalu bergulat, berbuat baik sesuai dengan ajaran agamanya.

Kitab suci Veda telah menyediakan dan memfasilitasi bagaimana caranya orang melaksanakan pelepasan dirinya dari ikatan maya sehingga akhirnya atman dapat bersatu dengan Brahman. Dengan demikian penderitaan dapat dikikis habis dan mahkluk hidup yang menderita itu tidak lagi menjelma ke dunia, sebagai hukuman, tetapi sebagai penolong sesama manusia.

Di dalam ajaran agama Hindu terdapat berbagai macam jalan yang dapat dilalui untuk mencapai kesempurnaan “Moksha”, dengan menghubungkan diri dan memusatkan pikiran kepada Ida Sang Hyang Widhi. Cara atau jalan yang demikian itu telah terbiasa disebut dengan nama “Catur Marga”.

TOKEN:
MOKS4

Post a Comment for "Jalan Menuju Moksa - bagian 1 - Materi Agama Hindu"