Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 tingkat SMK/SMA
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan disuatu negara maka diperlukan adanya perubahan perubahan pada kurikulum yang berlaku yang tentunya disesuaikan dengan perkembangan jaman dan perilaku masyarakatnya. Seperti pada kurikulum pendidikan yang diberlakukan di Indonesia juga senantiasa mengalami perubahan untuk mencapai tujuan pendidikan yang muaranya adalah pada kemajuan negara. Berikut ini adalah Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 tingkat SMK/SMA.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Semua
Bidang Keahlian
Muatan :
Nasional
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Tujuan kurikulum
mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Pendidikan Agama Islam |
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan
serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.1 Membaca
al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
adalah perintah agama
|
2.1 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al- Hujurat (49):
10 dan 12 serta Hadis terkait
|
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina
adalah dilarang agama
|
2.2 Menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S.
al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait
|
1.3 Meyakini
bahwa Allah Maha Mulia, Maha Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
|
2.3 Memiliki
sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil
sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
1.4 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah swt.
|
2.4 Menunjukkan
sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman
kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
1.5 Terbiasa
berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
2.5 Menunjukkan
perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
1.6 Meyakini
bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
2.6 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
1.7 Meyakini
bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya
|
2.7 Memiliki
sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah (9):
122 dan Hadis terkait
|
1.8 Meyakini
al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
2.8 Menunjukkan
perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap
kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
1.9 Meyakini
bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan
bagi individu dan masyarakat
|
2.9 Menunjukkan
kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf
|
1.10 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
2.10 Bersikap
tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah
strategi dakwah Nabi di Makkah
|
1.11 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
2.11 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan
kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah
|
1.12 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi
dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
|
2.12 Bersikap
taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al Maidah (5): 48; Q.S. an-Nisa (4):
59; dan Q.S. at-Taubah (9): 105 serta Hadis yang terkait
|
1.13
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
2.13 Bersikap
toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi pemahaman Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32,
serta Hadis terkait
|
1.14 Meyakini
adanya kitab-kitab suci Allah swt.
|
2.14 Peduli
kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada
kitab-kitab Allah swt.
|
1.15 Meyakini
adanya rasul-rasul Allah swt.
|
2.15 Menunjukkan
perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah swt.
|
1.16 Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya
untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam
mewujudkan kejujuran
|
2.16 Menunjukkan
sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
1.17 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
|
2.17 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait
|
1.18 Menerapkan
penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
2.18 Menunjukkan
sikap tanggung jawab dan kerja sama dalam penyelenggaraan perawatan jenazah
di masyarakat
|
1.19 Menerapkan
ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat
Islam
|
2.19 Menjaga
kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah,
tablig, dan dakwah
|
1.20 Menerapkan
prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
2.20 Bekerjasama
dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
|
1.21 Mengakui
bahwa nilai-nilai Islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa
kejayaan
|
2.21 Bersikap
rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai-nilai
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
|
1.22 Mempertahankan
keyakinan yang benar sesuai ajaran Islam dalam sejarah peradaban Islam pada
masa modern
|
2.22 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan
sebagai implementasi nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
|
1.23
Terbiasa membaca al-Qur’an
sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya
untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
2.23 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali
Imran (3): 190-191 dan 159,
serta Hadis terkait
|
1.24
Meyakini bahwa agama mewajibkan
umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia
|
2.24 Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83, serta Hadis terkait
|
1.25 Meyakini terjadinya hari akhir
|
2.25 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan
keimanan kepada hari akhir
|
1.26 Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt.
|
2.26 Bersikap optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi
beriman kepada qadha dan qadar Allah swt.
|
1.27 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan
bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
|
2.27 Berperilaku kerja keras, dan bertanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.28 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan
syariat Islam
|
2.28 Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan
masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
|
1.29 Meyakini kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
|
2.29 Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan
waris dalam Islam
|
1.30 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah berdasarkan syariat Islam
dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
|
2.30 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan mengembangkan
ajaran Islam
|
1.31 Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima
oleh masyarakat di Indonesia
|
2.31 Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.32 Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil-‘alamin yang dapat
memajukan peradaban dunia
|
2.32 Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatanlil-alamin sebagai
pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang
|
1.33 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di dunia, sebagai bukti
penyimpangan dari ajaran Islam yang benar
|
2.33 Mewaspadai secara bijaksana terhadap
penyimpangan ajaran Islam yang berkembang di masyarakat
|
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian pada tingkat teknis,
spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan
alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan
masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak
alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah)
|
4.1.1 Membaca
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12
dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan
keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis
terkait
|
12
JP
|
3.2 Menganalisis
Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
4.2.1 Membaca
Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih
dan lancar
4.2.3 Menyajikan
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai
pesan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2
|
12 JP
|
3.3 Menganalisis
makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 Menyajikan
hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa
aman, tawakal dan perilaku adil
|
12
JP
|
3.4 Menganalisis
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
4.4 Mempresentasikan
hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku
teliti, disiplin, dan waspada
|
12
JP
|
3.5 Menerapkan
ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
4.5 Mempraktikkan
tata cara berpakaian sesuai syariat Islam
|
6
JP
|
3.6 Memahami
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaksanakan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
6
JP
|
3.7 Menganalisis
kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama
|
4.7 Menyajikan
kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S.
at-Taubah (9): 122 dan Hadis
|
12
JP
|
3.8 Menganalisis
kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
|
4.8 Menentukan
suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
|
12
JP
|
3.9 Menganalisis
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
4.9 Menyimulasikan
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
12
JP
|
3.10 Menganalisis
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di
Makkah
|
4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
6
JP
|
3.11 Menganalisis
strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
4.11 Mempresentasikan
dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
6
JP
|
3.12 Menganalisis
makna Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9):
105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
etos kerja
|
4.12.1 Membaca
Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah
(9): 105 dengan fasih dan lancar
4.12.3 Menyajikan
perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah
sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan
Q.S. at-Taubah (9): 105
|
12
JP
|
3.13 Menganalisis
makna Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32, serta Hadis
tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
4.13.1 Membaca
Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makharijul huruf
4.13.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32 dengan fasih
dan lancar
4.13.3 Mempresentasikan
perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan Q.S. Yunus (10): 40-41
dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah (5): 32
|
12
JP
|
3.14 Menganalisis
makna iman kepada kitab-kitab Allah swt.
|
4.14 Mempresentasikan
keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan perilaku
sehari-hari
|
9
JP
|
3.15 Menganalisis
makna iman kepada rasul-rasul Allah swt.
|
4.15 Menyajikan
hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid,
toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
|
9
JP
|
3.16 Menganalisis
makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
4.16 Menyajikan
makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan
kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
9
JP
|
3.17 Menganalisis
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
|
4.17 Menyajikan
ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
sesuai dengan Q.S. al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait
|
6
JP
|
3.18 Mengevaluasi
tata cara perawatan jenazah
|
4.18 Menyimulasikan
tata cara perawatan jenazah
|
12
JP
|
3.19 Menganalisis
pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
|
4.19 Menyimulasikan
tata cara khutbah, tablig, dan dakwah
|
12
JP
|
3.20 Menganalisis
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
4.20 Menentukan
kegiatan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
9
JP
|
3.21 Menganalisis
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin –
Bani Umayyah)
|
4.21 Menyajikan
perkembangan peradaban Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada masa
kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
|
9
JP
|
3.22 Menganalisis
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
|
4.22.1 Menyajikan
perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.22.2 Menyajikan
prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam
pada masa modern
|
9
JP
|
3.23 Mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S.
Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis
|
4.23.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran
(3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S.
Ali Imran (3): 159, dengan lancar
4.23.3 Menyajikan sikap kritis
dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali
Imran (3): 190-191
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi
dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran (3): 159
|
15 JP
|
3.24 Mengevaluasi makna Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah
(2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada
Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia
|
4.24.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3 Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83
|
12 JP
|
3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
|
4.25 Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sebagai
perwujudan iman kepada hari akhir
|
9 JP
|
3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar
|
4.26 Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal
sebagai perwujudan iman kepada qadha
dan qadar Allah swt.
|
9 JP
|
3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
|
4.27 Menyajikan perilaku bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil,
dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sebagai
wujud keimanan
|
9 JP
|
3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
|
4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam
|
9 JP
|
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
|
4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan
|
12 JP
|
3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
4.30 Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia
|
9 JP
|
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah
perkembangan Islam di Indonesia
|
6 JP
|
3.32 Mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
|
4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia
|
6 JP
|
3.33 Mengevaluasi faktor-faktor kemunduran
peradaban Islam di dunia
|
4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di
dunia
|
6 JP
|
RASIONALISASI
pada :
1.
Kelas X KD 2.1, 3.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.1.3 belum dimunculkan QS al Anfal : 72
tentang Mujahadah An Nafs (Mengontrol Diri)
2.
Kelas X KD 3.9 (analisis hikmah)dan 4.9 (simulasi ibadah) tidak match
3.
Kelas XI KD 4.7, 4.8 diganti dengan menyimulasikan karena diharapkan siswa
bukan sekedar mempresentasikan namun sampai pada tahap mempraktekkan
4.
Kelas XI KD 3.9, 3.10, 3.11 Kata menelaah diganti dengan menganalisis
karena tingkatan analisis lebih tinggi daripada sekedar menelaah
5.
Kelas XII KD 4.5 diganti dengan menyajikan kaitan karena diharapkan siswa
bukan hanya mengaitkan dalam ranah abstrak namun sampai pada ranah konkret
yaitu menyajikan secara komunikatif hasil penalarannya.
Post a Comment for "Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 tingkat SMK/SMA"