SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK Kelas XI
Salam buat para Pengajar, Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti untuk SMA / SMK telah banyak disosialisasikan mulai dari cara penerapannya sampai Cara Membuat RPP nya pun telah di seminarkan. Namun demikian mungkin masih ada banyak tenaga pengajar yang belum paham dan masih banyak pula yang belum bisa membuat Silabusnya. Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini saya mencoba memberikan contoh silabus Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti agar teman-teman pengajar bisa lebih jelas didalam menyusun silabus yang nantinya digunakan disekolah masing-masing.
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
   Dasar 
 | 
   
Materi Pokok 
 | 
   
Pembelajaran 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi Waktu 
 | 
   
Sumber Belajar 
 | 
  
1.1      Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu 
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa
  sehari-hari). 
 | 
  |||||
2.1
  Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
  ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa). 
2.2
  Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
  Widhi 
 | 
  |||||
3.1    
  Menjelaskan pengertian dan
  pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu. 
4.1
  Mempraktikkan sikap-sikap yoga 
 | 
  
Yoga
  menurut Agama Hindu 
 | 
  
Mengamati: 
·   
  Peserta didik mendengarkan
  pendidik menjelaskan Astangga Yoga 
·    Pendidik menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta
  didik menirukan atau memperagakan dengan benar 
Menanya: 
·    Peserta
  didik menanyakan manfaat Hatta Yoga dan
  Yoga Asanas dalam kehidupan  
·    Pendidik
  memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga 
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·   
  Peserta didik
  mempresentasikan bebarapa bagian tahapan Astangga Yoga 
·    Mengumpulkan
  data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan  
Mengasosiasi: 
·    Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam
  Astangga Yoga 
·   
  Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan
  Astangga Yoga maupun dalam praktek-praktek Yoga 
Mengomunikasikan: 
·    Peserta
  didik membuat hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap
  kesehatan jasmani dan rohani 
·    Peserta
  didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan latihan Yoga  
 | 
  
Tugas:
   
·   Membuat
  ringkasan materi Yoga 
·   Mempraktekkan
  Yoga dan meditasi dalam kehidupan sehari-hari 
Observasi: 
Mengumpulkan
  hasil pengamatan pelaksanaan  praktek
  Yoga dan Meditasi dalam masyarakat 
Portofolio:
   
Peserta
  didik membuat laporan  manfaat latihan
  Yoga dan tanggapan negatif terhadap ajaran Yoga 
Tes:
   
Tertulis,
  lisan materi Yoga 
 | 
  
12
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Kitab
  Yoga Patanjali 
 | 
 
3.2 Memahami
  hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Mahabharata 
4.2
  Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Mahabharata dalam kehidupan. 
 | 
  
Nilai-nilai
  Yajňa dalam Mahabharata 
 | 
  
Mengamati: 
·   
  Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang Yajňa dalam Mahabharata 
·   
  Peserta didik
  mendengarkan cuplikan singkat cerita Mahabharata terkait dengan pelaksanaan
  Yajňa 
Menanya: 
·    Peserta
  didik menanyakan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam Mahabharata 
·    Pendidik
  memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik hubungan panca Yajňa
  dengan Pelaksanaan Yajňa zaman Mahabharata 
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·   
  Peserta didik
  mempresentasikan tentang Yajňa dalam kitab Mahabharata 
·    Mengumpulkan
  data-data pelaksanaan Yajňa yang ada kaitannya dengan Mahabharata  
Mengasosiasi: 
·   Peserta
  didik menganilsis hubungan  panca Yajňa
  dengan Yajňa dalam Mahabharata 
·   Menyimpulkan hasil analisis berbagai
  macam hal yang dihadapi dalam pelaksanaan Yajňa  
Mengomunikasikan: 
·   
  Peserta didik menyampaikan
  hasil belajar dalam bentuk tulisan persamaan dan perbedaan Panca Yajňa dengan
  Yajňa dalam Mahabharata 
·    Peserta
  didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan upacara Yajňa  
 | 
  
Tugas:
   
·   Peserta
  didik membuat ringkasan ajaran Yajňa dalam Mahabharata 
·   Peserta
  didik membuat sarana Yajňa sesuai dengan daerah setempat 
Observasi:
   
Mengumpulkan
  kliping yang berkaitan dengan Panca Yajňa hasil mengamati pelaksanaan Yajňa
  dimasyarakat 
Portofolio:
   
Membuat
  laporan pelaksanaan  Yajňa sesuai
  dengan kondisi masyarakat setempat 
Tes: 
Tertulis,
  lisan materi Yajňa dalam Mahabharata 
 | 
  
12
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Kitab
  Mahabharatha 
 | 
 
3.3    
  Memahami ajaran Catur Marga
  sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi 
4.3
  Mempraktikan sikap melaksanakan Catur Marga 
 | 
  
Catur
  Marga 
 | 
  
Mengamati: 
·     
  Peserta didik
  mencermati Pendidik menjelaskan Catur Marga Yoga 
·     
  Pendidik memberikan contoh bentuk perbuatan / kerja dalam Catur Marga
  Yoga 
Menanya: 
·      Peserta
  didik mengungkapkan contoh masing-masing
  bagian dari Catur Marga Yoga 
·      Pendidik
  memberikan pertanyaan kepada peserta didik nama orang yang menjalani
  masing-masing bagian dari Catur Marga 
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·     
  Peserta didik
  mempresentasikan tentang Catur Marga Yoga 
·      Mengumpulkan
  data-data untuk pendukung pelaksanaan Catur Marga dalam kehidupan masyarakat
  Hindu  
Mengasosiasi: 
·   
  Peserta didik melihat disekitarnya perilaku masyarakat yang
  melaksanakan ajaran Catur Marga 
·   
  Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pengamalan Catur
  Marga Yoga oleh masyarakat Hindu  
Mengomunikasikan: 
·   
  Peserta didik menyapaikan hasil
  belajar secara tertulis, penerapan  ajaran Catur Marga dalam kehidupan
  bermasyarakat 
·   
  Peserta didik membuat dalam
  bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pengamalan Catur Marga Yoga  
 | 
  
Tugas:
   
·   Membuat
  ringkasan Catur Marga 
·   Mengumpulkan
  dalam bentuk gambar/foto masing-masing bagian Catur Marga 
Observasi:
   
Mengumpulkan
  hasil mengamati pelaksanaan Catur Marga dalam masyarakat 
Portofolio:
   
Membuat
  laporan pelaksanaan  Catur Marga dalam
  masyarakat sesuai dengan budaya, adat istiadat setempat 
Tes: 
Tertulis,
  lisan Catur Marga 
 | 
  
12
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Kitab
  Manawa Dharmasastra 
 | 
 
3.4  Menjelaskan
  ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan  
4.4  Menyaji
  ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan  
 | 
  
Wibuthi
  Marga  
 | 
  
Mengamati: 
·   
  Peserta didik
  mengamati penjelaskan pendidik ajaran
  Wibhuti Marga 
·   
  Peserta didik
  mendengar peserta didik lainnya membaca Wibhuti Marga 
Menanya: 
·   
  Peserta didik
  menanyakan hakekat Wibhuti  Marga dalam kehidupan 
·   
  Pendidik
  memberikan contoh penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari 
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·     
  Peserta didik
  mempresentasikan manfaat  melaksanakan Wibhuti Marga 
·      Mengumpulkan data-data untuk mendukung penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan  
Mengasosiasi: 
·     
  Memberikan
  contoh kongkrit penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan  
·      Menganalisis berbagai macam hal yang
  dihadapi dalam penerapan Wibhuti Marga oleh masyarakat Hindu  
Mengomunikasikan: 
·      Peserta
  didik menyampaikan hasil belajar  dalam
  bentuk tulisan hasil penerapanWibhuti
  Marga dalam kehidupan sehari-hari 
·     
  Membuat dalam bentuk
  gambar-gambar/ foto hasil pengamalan Wibuthi Marga dalam kehidupan 
 | 
  
Tugas:
   
Membuat
  ringkasan materi Wibhuti Marga  
Observasi:
   
Mengumpulkan
  hasil mengamati pelaksanaan Wibhti Marga dalam masyarakat  
Portofolio:
   
Membuat
  laporan pelaksanaan dan manfaat Wibhuti Marga dalam masyarakat 
Tes:   
Tertulis,
  lisan ajaran Wibuthi Marga 
 | 
  
12
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Kitab
  Manawa Dharmasastra 
 | 
 
3.5  Menjelaskan
  kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu 
4.5
  Mempraktikan ajaran Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu  
 | 
  
Manawa
  Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu 
 | 
  
Mengamati: 
·   
  Peserta didik
  mendengar pembacaan kitab Manawa
  Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu 
·   
  Peserta didik
  mengamati pembacaan sloka kitab Manawa
  Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu 
Menanya: 
·    Pendidik
  menanyakan kepada peserta didik sumber-sumber hukum Hindu 
·    Pendidik
  memberikan kesempatan kepada peserta didik menjelaskan sumber Hukum Hindu 
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·     
  Peserta didik mempresentasikan Hukum Hindu dalam kitab
  Dharmasastra 
·      Mengumpulkan data-data terkait penerapan hukum Hindu untuk
  terwujudnya masyarakat yang damai, adil dan makmur  
Mengasosiasi: 
·  
  Peserta didik menganalisis
  perbedaan kualitas Hukum Hindu dengan
  hukum  buatan manusia 
·   Menyimpulkan dari hasil analisis
  berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Manawa Dharmasastra sebagai
  kitab Hukum Hindu  
Mengomunikasikan: 
·    Peserta
  didik menyampaikan  hasil secara lisan
  dan bergantian kualitas hukum Hindu
  dengan hukum buatan manusia 
·   
  Peserta didik membuat dalam
  bentuk gambar-gambar/ foto upaya mematuhi atau taat terhadap hukum Hindu
  maupun hukum Nasional 
 | 
  
Tugas:  
·   Peserta
  didik membuat ringkasan materi Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu 
·   Menuliskan
  beberapa sloka yang berhubungan dengan Hukum Hindu 
Observasi:
   
Membuat
  hasil mengamati penerapan Manawa Dharmasastra sebagai Hukum Hindu  
Portofolio:
   
Membuat
  laporan penerapan Manawa Dharmasastra sebagai Hukum Hindu dalam masyarakat
  setempat  
Tes:  
Tertulis, lisan
  Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu 
 | 
  
18
  JP 
 | 
  
§  Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§  Kitab Sarasamuscaya 
§  Kitab Bhagavadgita 
§  Kitab
  Manawa Dharmasastra 
 | 
 
3.6 Menjelaskan
  nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan 
4.6 Menalar
  nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan 
 | 
  
Niwerti
  dan Prawerti Marga 
 | 
  
Mengamati: 
·  
  Peserta didik
  mendengarkan pembacaan ajaran Niwerti
  dan Prawerti Marga  
·  
  Peserta didik
  menyimak pembacaan Niwerti dan Prawerti Marga    
Menanya: 
·    Peserta
  didik menanyakan bagian-bagian ajaran Niwerti
  dan Prawerti Marga 
·   
  Peserta didik
  menanyakan persamaan dan perbedaan Niwerti dan Prawerti Marga 
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·   
  Peserta didik
  melakukan observasi berkaitan ajaran Niwerti
  dan Prawerti Marga di Sekolah 
·    Mengumpulkan
  data-data untuk mendukung  pelaksanaan
  Niwerti dan Prawerti Marga di masyarakat 
Mengasosiasi: 
·      Peserta didik menganalisis dampak sesudah dan sebelum memahami
  ajaran  Niwerti dan Prawerti Marga 
·      Menyimpulkan dari hasil analisis
  berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Niwerti Marga dan Prawerti
  Marga  
Mengomunikasikan: 
·     
  Peserta didik menyimpulkan
  hasil  kualitas sikap hidup masyarakat dalam penerapan Niwerti dan
  Prawerti Marga 
·     
  Membuat dalam bentuk
  gambar-gambar/ foto contoh penerapan Niwerti dan Prawerti Marga 
 | 
  
Tugas:
   
Peserta
  didik membuat ringkasan materi Niwerti dan Prawerti Marga  
Observasi:
   
Membuat
  hasil pengamatan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan  
Portofolio: 
Membuat
  laporan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam masyarakat Hindu sesuai
  dengan budaya dan adat daerah setempat 
Tes:
   
Tertulis,
  lisan  Niwerti dan Prawerti Marga  
 | 
  
15
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Kitab
  Manawa 
§ Dharmasastra 
 | 
 
3.7 Memahami
  hakekat ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari 
4.7 Mempraktekan perilaku jujur, disiplin,
  peduli dan ramah dengan menjalankan ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan
  sehari-hari 
 | 
  
Catur
  Purusartha 
 | 
  
Mengamati: 
·     
  Peserta didik
  mengamati pembacaanajaran Catur Purusartha 
·     
  Peserta didik
  menyimak pembacaan Catur Purusartha    
Menanya: 
·     
  Peserta didik
  mengungkapkan contoh masing-masing
  bagian Catur Purusa Artha 
·      Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
  menunjukkan contoh masing-masing bagian Catur Purusartha  
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·   
  Peserta didik
  mempresentasikan ajaranCatur
  Purusarta 
·    Mengumpulkan
  data-data untuk mendukung terwujudnya pengamalan Catur Purusartha dalam
  kehidupan  
Mengasosiasi: 
·      Peserta
  didik menganlisis hubungan masing-masing bagian Catur Purusartha dalam
  praktek kehidupan  
·      Menyimpulkan hasil dari analisis
  berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Catur Purusartha 
Mengomunikasikan: 
·       Peserta
  didik menyampaikan  hasil   belajar dalam bentuk tulisan penerapkan
  Catur Purusartha dalam kehdidupan   
·      
  Membuat dalam bentuk
  gambar-gambar/ foto contoh penerapan Catur Purusartha  
 | 
  
Tugas:
   
Peserta
  didik membuat ringkasan materi Catur Purusarta 
Observasi:
   
Membuat
  hasil mengamati pelaksanaan Catur Purusartha dalam masyarakat untuk mencapai
  kebahagiaan jasmani dan rohani 
Portofolio:
   
Membuat
  laporan hakekat Catur Purusartha dalam masyarakat dan terwujudnya Moksartham
  jagadhita ya ca iti Dharma 
Tes:
   
Tertulis,
  lisan materi Catur Purusarta 
 | 
  
12
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Kitab
  Manawa Dharmasastra 
 | 
 
3.8  Menjelaskan
  perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan
  keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha. 
4.8
  Menyaji perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk
  menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha. 
 | 
  
Wiwaha. 
 | 
  
Mengamati: 
·     
  Peserta didik
  melihat gambar-gambar bentuk Wiwaha ( perkawinan ) sesuai dengan budaya
  Hindu daerah setempat  
·     
  Menyimak
  pembacaan wiwaha dengan seksama sehingga dapat dipahimi maknanya 
Menanya: 
·   
  Peserta didik menanyakan bagiamana bentuk-bentuk wiwaha sesuai dengan
  budaya daerah setempat 
·  
  Pendidik
  memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh
  bentuk-bentuk wiwaha  
Mengeksperimen/mengeksplorasikan: 
·   
  Peserta didik
  mempresentasikan Wiwaha    (Perkawinan) 
·    Mengumpulkan
  data-data untuk mendukung terwujudnya perkawinan yang harmonis, bahagia dan
  sejahtera dan langgeng dalam keluarga 
Mengasosiasi: 
·       Peserta
  didik menganalisis masing-masing kewajiban suami, istri dan anak dalam Wiwaha
  (Perkawinan) 
·       Menyimpulkan hasil analisis berbagai
  macam hal yang dihadapi dalam Wiwaha (Perkawinan) 
Mengomunikasikan: 
·       Peserta
  didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan manfaat melaksanakan
  Wiwaha 
·       Membuat
  dalam bentuk gambar-gambar/ foto hidup bahagia dan sejahtera dalam membina
  keluarga 
 | 
  
Tugas:
   
·   Peserta
  didik membuat ringkasan materi Wiwaha. 
·   Peserta
  didik membuat konsep upaya menjaga perkawinan yang harmonis, langgeng dan
  saling mencintai 
Observasi:
   
Mengumpulkan
  hasil mengamati pelaksanaan Wiwaha.antara daerah sesuai dengan budaya
  setempat 
Portofolio:
   
Membuat
  laporan baik dan buruk yang terjadi 
  dalam Wiwaha pada kehidupan tradisional dengan masyarakat modern  
Tes:
   
Tertulis,
  lisan materi Wiwaha. 
 | 
  
15
  JP 
 | 
  
§ Buku
  teks Pelajajaran Agama Hindu 
§ Kitab Sarasamuscaya 
§ Kitab Bhagavadgita 
§ Manawa
  Dharmasastra 
§ Buku
  Undang-Undang Perkawinan  
 | 
 

Post a Comment for "SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK Kelas XI"