Input Hardware - Perangkat Keras Masukan pada sistem komputer

INPUT DEVICE
Input devince atau perangkat input adalah perangkat-perangkat keras komputer yg berfungsi untuk memasukan data ke dalam komputer dan prosesor untuk diolah menjadi sebuah informasi yg diperlukan.
1. Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papan yg terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3,4,5,8, dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk betindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
Ada beberapa bagian dari keyboard, yaitu sebagai berikut :
a. Typewriter Keys
Bagian ini merupakan bagian yg paling komplit. Tombol-tombol typewriter keys terdiri atas tombol-tombol huruf (alphabetic), angka (numeric), dan tanda baca (punctuation).
b. Control Keys
Bagian control keys sebenarya terdapat pada bagian typewriter keys. Pada bagian ini , terdapat tombol-tombol karakter khusus, seperti tombol enter, backspace, shift, capslock, tab, ctrl, dan alt.
c. Function Keys
Tombol function keys terdiri atas 12 tombol, yaitu dari F1 sampai dengan F12 yg terletak di keyboard bagian atas.
d. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan tombol-tombol yg terletak di bagian sebelah kanan, yg berisikan tombol angka (numeric) beserta tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Selain itu, juga ada tombol enter, numloc serta tombol-tombol lainnya yg berfungsi untuk menggerakkan kursor (missal: pgup, pgdn, home, end, kiri, kanan, atas, dan bawah).
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yg berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG. Namun, yg terbanyak digunakan sanmpai saat ini adalah susunan QWERTY.
Selain tombol huruf, angka, dan tanda baca pada keyboard yang dijumpai di keyboard, juga dapat menggunakan tombol-tombol lainnya yang terdapat pada keyboard.
Secara pisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATK dan saat ini paling banyak digunakan. Pemasangan keyboard type ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port mouse.
3. Keyword Wireless
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATK dan saat ini paling banyak digunakan. Pemasangan keyboard type ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port mouse.
3. Keyword Wireless

4. Keyboar USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Mouse adalah salah satu unit masukan (Input Device). Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat disbanding dengan keyboard.
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak system operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sebagaian besar mouse terdiri dari tigaa tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana tombol ini terletak ditengah-tengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau bersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click).
Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
3. Joystick
Joystick atau dalam bahasa Indonesia disebut kuas control adalah alat masukan (Input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Joystick umumnya digunakan sebagai:
a. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi dari satu tombol.
b. Untuk mongontrol permainan video
c. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
4. Barcode Reader
Barcode reader merupakan alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertical (disebut dengan barcode) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk konsumen.
Barcode adalah susunan garis cetak vertical hitam putih dengan lebar berbeda untuk menyimpan data sfesifik seperti kode produksi, nomor identitas, dan lain sebagainya sehingga system komputer dapat mengidentifikasi dengan mudah informasi yang dikodekan dalam Barcode.
5. Scanner
Scanner (pemindai) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
Ada dua macam tipe scanner :
a. Magnetic Ink Character Recognition (MICR) Reader
Alat pembaca karakter yang ditulis menggunakan tinta magnetic. Banyak digunakan di Bank-bank, untuk transaksi cek (cheque).
Bank memproses nomor rekening dan nama Bank yang ditulis menggunakan tinta magnetic pada bagian belakang cek.
b. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
OMR banyak digunakan untuk membaca skor test (test scoring) yang terdapat pada kertas jawaban mark sense form yang dituliskan dengan cara menandai jawaban pilihan dengan menggunakan pensil 2B. aplikasi ini banyak diterapkan pada ujian masuk perguruan tinggi, questioner, registrasi mahasiswa dan sebagainya.
6. Microphone
Microphone adalah alat mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Microphone digunakan untuk memasukan input berupa suara atau audio.
7. Light Pen
Light Pen juga merupakan salah satu input device dari system komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.
Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, light pen memerlukan adanya monitor dengan kualitas yang prima (high resolution). Dengan adanya sebuah photo transistor detector, maka pada sebuah monitor akan terbagi menjadi beberapa baris dan kolom yang dimiliki oleh monitor, semakin bagus pula gambar yang akan dihasilkannya.
Light pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pada pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektronik. Para arsitek banyak yang meletakan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia. Dengan demikian light pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Skema gambar juga muncul melalui monitor.
8. Touch Pad
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Post a Comment for "Input Hardware - Perangkat Keras Masukan pada sistem komputer"