Pengertian atman, fungsi Atman dan Sifat-sifat Atman
SRADDHA
SK. MEMAHAMI ATMAN SEBAGAI SUMBER HIDUP
1.1. PENGERTIAN ATMAN
Wyapi wyapaka nirwikara: Tuhan yg esa bersifat maha ada, maha kekal, tanpa awal dan akhir
Atman percikan-2 terkecil dari paramaatma (tuhan) yg berada disetiap mahluk hidup.
Atman sering dsbt SWATMAN atau JIWATMAN roh yg memberi tenaga hidup
Atman bagian dari Tuhan : sifatnya sngt gaib (Parama suksma), tidak pernah mengalami kelahiran dan kematian (Na jayate naha niyamane)
• Sebagai sumber hidup citta (alam pikiran) dan stula sarira (badan wadag) dr segala mahluk
• Bertanggung jawab atas baik buruk atau amal dosa perbuatan (karma) dr segala mahluk
• Menjadi sumber hidup suksma sarira (badan halus) dari segala mahluk
1.3. SIFAT-2 ATMAN
Sifat-2 Atman mnrt Bhagavadgita adlh sbb:
• Achodya = tak terluka oleh senjata
• Adahya = tak terbakar oleh api
• Akledya = tak terkeringkan oleh angin
• Acesyah = tak terbasahkan oleh air
• Nitya = kekal abadi
• Sarwagatah = dimana-mana ada
• Sthanu = tak berpindah-pindah
• Acala = tak bergerak
• Sanatana = selalu sama
• Awyakta = tak dilahirkan
• Achintya = tak terpikirkan
• Awikara = tak berubah dan sempurna, tak laki-2 maupun perempuan
HUBUNGAN ATMAN DG RAGA
Perpaduan atman dengan raga menyebabkan manusia hidup yg jg dsbt JIWARAGA, NAMARUPA.
NAMA = JIWA, RUPA = RAGA
“ia yg berfikir bahwa jiwa adalah pembunuh dan ia yg berfikir bahwa jiwa dapat dibunuh, kedua mereka ini tak mengetahui kebenaran yg sejati” jiwa ini tdk dapat dibunuh.(bhagawadgita. II,19)
Atman > citta & stula sarira = sifat satwam
Atman < Stula sarira = bersifat rajah & tamah
Tri antah karana : Manas, Budhi, Ahamkara
ATMAN : Tuhan yg terkurung dalam tiap-2 mahluk
Atman luput dr WISAYA (keadaan lahir, hidup, mati, sakit, dll)
Jiwa sbg sakti dr Atman, dpt kena WISAYA / indriya, sprt memfitnah, mencaci dsb. Dapat ditekan oleh angga sprt sakit, merana, duka, dll.
Aham brahma asmi : aku adalah brahman
Brahman atman aikyam : Brahman dan atman itu tunggal
Shg Atman percikan Brahman (tuhan) yg terpisah. Perpisahan disebabkan oleh sifat Awidya (tidak tahu)
Karena awidya orang mudah terpengaruh oleh maya/bayangan khayal yg menyebabkan kesenangan.
Sifat-2 Atman = sifat-2 Brahman & memenuhi alam semesta
Gelaran Tuhan yg terjadi dr kata Atman = 7 jenis tingkatan alam yg ditempati-Nya = Sapta Atma / Sapta ongkara / Sapta pranawa
BAGIAN-2 SAPTA ATMA
Atma = bhur loka
Antaratma = bhuah loka
Paramatma = swah loka
Niratma = tapoloka
Adhyatma = jana loka
Niskalatma = maha loka
Suniyatma = satya loka
Perbedaan Atman dg Brahman
= atman merupakan percikan dr brahman, dan Brahman adlh sumber dr Atman
Persamaan Atman dg Brahman
= sifatnya kekal abadi, abstrak dan gaib
SK. MEMAHAMI ATMAN SEBAGAI SUMBER HIDUP
1.1. PENGERTIAN ATMAN
Wyapi wyapaka nirwikara: Tuhan yg esa bersifat maha ada, maha kekal, tanpa awal dan akhir
Atman percikan-2 terkecil dari paramaatma (tuhan) yg berada disetiap mahluk hidup.
Atman sering dsbt SWATMAN atau JIWATMAN roh yg memberi tenaga hidup
Atman bagian dari Tuhan : sifatnya sngt gaib (Parama suksma), tidak pernah mengalami kelahiran dan kematian (Na jayate naha niyamane)
1.2. FUNGSI ATMAN
• Sebagai sumber hidup citta (alam pikiran) dan stula sarira (badan wadag) dr segala mahluk
• Bertanggung jawab atas baik buruk atau amal dosa perbuatan (karma) dr segala mahluk
• Menjadi sumber hidup suksma sarira (badan halus) dari segala mahluk
1.3. SIFAT-2 ATMAN
Sifat-2 Atman mnrt Bhagavadgita adlh sbb:
• Achodya = tak terluka oleh senjata
• Adahya = tak terbakar oleh api
• Akledya = tak terkeringkan oleh angin
• Acesyah = tak terbasahkan oleh air
• Nitya = kekal abadi
• Sarwagatah = dimana-mana ada
• Sthanu = tak berpindah-pindah
• Acala = tak bergerak
• Sanatana = selalu sama
• Awyakta = tak dilahirkan
• Achintya = tak terpikirkan
• Awikara = tak berubah dan sempurna, tak laki-2 maupun perempuan
HUBUNGAN ATMAN DG RAGA
Perpaduan atman dengan raga menyebabkan manusia hidup yg jg dsbt JIWARAGA, NAMARUPA.
NAMA = JIWA, RUPA = RAGA
Disetiap mahluk hidup, maka Atmanlah sumber hidupnya, sedangkan citta dan stula sarira adlh alat untuk hidupnya
“ia yg berfikir bahwa jiwa adalah pembunuh dan ia yg berfikir bahwa jiwa dapat dibunuh, kedua mereka ini tak mengetahui kebenaran yg sejati” jiwa ini tdk dapat dibunuh.(bhagawadgita. II,19)
Atman > citta & stula sarira = sifat satwam
Atman < Stula sarira = bersifat rajah & tamah
Tri antah karana : Manas, Budhi, Ahamkara
1.4. HUBUNGAN ATMAN DG BRAHMAN
ATMAN : Tuhan yg terkurung dalam tiap-2 mahluk
Atman luput dr WISAYA (keadaan lahir, hidup, mati, sakit, dll)
Jiwa sbg sakti dr Atman, dpt kena WISAYA / indriya, sprt memfitnah, mencaci dsb. Dapat ditekan oleh angga sprt sakit, merana, duka, dll.
Aham brahma asmi : aku adalah brahman
Brahman atman aikyam : Brahman dan atman itu tunggal
Shg Atman percikan Brahman (tuhan) yg terpisah. Perpisahan disebabkan oleh sifat Awidya (tidak tahu)
Karena awidya orang mudah terpengaruh oleh maya/bayangan khayal yg menyebabkan kesenangan.
Sifat-2 Atman = sifat-2 Brahman & memenuhi alam semesta
Gelaran Tuhan yg terjadi dr kata Atman = 7 jenis tingkatan alam yg ditempati-Nya = Sapta Atma / Sapta ongkara / Sapta pranawa
BAGIAN-2 SAPTA ATMA
Atma = bhur loka
Antaratma = bhuah loka
Paramatma = swah loka
Niratma = tapoloka
Adhyatma = jana loka
Niskalatma = maha loka
Suniyatma = satya loka
Perbedaan Atman dg Brahman
= atman merupakan percikan dr brahman, dan Brahman adlh sumber dr Atman
Persamaan Atman dg Brahman
= sifatnya kekal abadi, abstrak dan gaib
thx gan
ReplyDeleteMakasi
ReplyDeleteMakasi
ReplyDeletesama dg konsep ruuhi
ReplyDelete