"Selamat datang di situs The Bali Buzz, www.rah-toem.blogspot.com"
Home » , , , » Jenis-jenis Yoga Asana dan Manfaatnya - Bahan ajar Agama Hindu SMK kelas XI

Jenis-jenis Yoga Asana dan Manfaatnya - Bahan ajar Agama Hindu SMK kelas XI

Dalam hatha yoga ada beberapa jenis yoga asana yang dapat dipraktekan. Masing-masing yoga asana ini memiliki tingkat kesulitannya sendiri-sendiri. Jika anda ingin melaksanakan yoga maka sangat penting untuk memilih jenis yoga asanas yang menurut anda nyaman sehingga membuat anda bisa berkonsentrasi karena kenyamanan sangat mempengaruhi pikiran disamping juga pengaturan nafas. Setiap asanas memberikan manfaat positif bagi tubuh sehingga dapat juga dijadikan sebagai solusi dalam pengobatan, namun harus dilakukan secara berkelanjutan dan teratur. Nah berikut ini ada beberapa jenis yoga asana beserta dengan manfaatnya.


1.Padmasana
Kedua kaki diluruskan ke depan lalu tempatkan kaki kanan di atas paha kiri, kemudian kaki kiri di atas paha kanan. Kedua tangan boleh ditempatkan di lutut.
Manfaat: Dapat menopang tubuh dalam jangka waktu yang lama, hal ini disebabkan karena tubuh mulai dapat dikendalikan oleh pikiran.

2. Siddhasana
Letakkan salah satu tumit di pantat, dan tumit yang lain di pangkal kemaluan. Kedua kaki diletakkan begitu rupa sehingga kedua ugel-ugel mengenai satu dengan yang lain.
Manfaat: Memberikan efek ketenangan pada seluruh jaringan saraf dan mengendalikan fungsi seksual.
siddhasana
siddhasana
3. Swastikasana
Kedua kaki lurus ke depan kemudian lipat kaki dan taruh dekat otot paha kanan, bengkokkan kaki kanan dan dorong telapak kaki dalam ruang antara paha dengan otot betis. 
Manfaat: Menghilangkan reumatik, menghilangkan penyakit empedu dan lendir dalam keadaan sehat, membersihkan dan menguatkan urat-urat kaki dan paha.
BACA JUGA:



4. Sarvangasana
Berbaring dengan punggung di atas selimut, angkat kedua kaki perlahan kemudian angkat tubuh bagian atas, pinggang, paha, dan kaki lurus ke atas. Punggung ditunjang oleh kedua tangan.
Manfaat: Memelihara kelenjar thyroid.

5. Halāsana
Posisi tubuh rebah dengan telapak tangan telungkup di samping badan. Kedua kaki rapat lalu diangkat ke atas dengan posisi lurus. Tubuh jangan bengkok. Kaki dan tubuh buat siku lebar. Turunkan kedua kaki melalui muka sampai jari kaki mengenai lantai. Paha dan kaki membentuk garis lurus.
Manfaat: Menguatkan urat dan otot tulang belakang dan susunan urat-urat di sisi kanan kiri tulang punggung.

6. Matsyāsana
Rebahkan diri di atas punggung, dengan kepala diletakkan pada kedua tangan yang disalipkan.
Manfaat: Membasmi bermacam penyakit seperti asma, paru-paru, bronchitis.

7. Paschimottanāsana.
Duduk di lantai dengan kaki menjulur lurus, pegang jari kaki dengan tangan, tubuh dibengkokkan ke depan.
Manfaat: Membuat nafas berjalan di brahma nadi (sungsum) dan menyalakan api pencernaan, dan untuk mengurangi lemak di perut.
Paschimottanasana
Paschimottanasana
8. Mayurāsana (Burung Berlutut di atas lantai, Merak).
jongkok di atas jari kaki, angkat tumit ke atas dengan kedua tangan berdekatan, dengan telapak tangan di atas lantai, ibu jari kedua tangan harus mengenai lantai dan harus berhadapan dengan kaki.
Manfaat: Menguatkan pencernaan, membetulkan salah pencernaan dan salah perut seperti kembung, juga murung hati dan limpa yang bekerja lemah akan baik kembali.

9. Ardha Matsyendrāsana
Letakkan tumit kiri di dekat lubang pantat dan di bawah kemaluan mengenai tempat di antara lubang pantat dan kemaluan. Belokkan lutut kanan dan letakkan ugel-ugel kanan di pangkal paha kiri, dan kaki kanan diletakkan di atas lantai berdekatan dengan sambungan kiri, letakkan ketiak kiri di atas lutut kanan kemudian dorong sedikit ke belakang sehingga mengenai bagian belakang dari ketiak. Pegang lutut kiri dengan telapak tangan kiri perlahan punggung belokkan ke sisi dan putar sedapat mungkin ke kanan, belokkan jidat ke kanan sehingga segaris dengan pundak kanan, ayunkan tangan kanan ke belakang pegang paha kiri dengan tangan kanan, tulang punggung lurus.
Manfaat: Memperbaiki alat-alat pencernaan, menambah nafsu makan. Kundalini akan dibangunkan juga dan membuat candranadi mengalir tetap.

10. Salabhāsana
Rebahkan diri dengan telungkup, kedua tangan di sisi badan terlentang. Tangan diletakkan di bawah perut, hirup nafas seenaknya kemudian keluarkan perlahan. Keraskan seluruh badan dan angkat kaki ke atas + 40 cm, dengan lurus sehingga paha dan perut bawah dapat terangkat juga.
Manfaat: Menguatkan otot perut, paha, dan kaki, Menyembuhkan penyakit perut dan usus juga penyakit limpa dan penyakit bungkuk dapat dikurangi.

11. Bhuyanggāsana.
Merebahkan diri dengan telungkup, lemaskan otot, dan tenangkan hati, letakkan telapak tangan di lantai di bawah bahu dan siku, tubuh dan pusar sampai jari-jari kaki tetap di lantai. Angkat kepala dan tubuh ke atas perlahan seperti kobra ke atas, bengkokkan tulang punggung ke atas.
Manfaat: Istimewa untuk wanita, dapat memberi banyak faedah, rahim dan kantung kemih akan dikuatkan, menyembuhkan amenorhoea (datang bulan tidak cocok), dysmenorhoea (merasa sakit pada waktu datang bulan, leucorrhoea (sakit keputihan), dan macam penyakit lain di kantung kemih, indung telur dan peranakan.
Bhujanga asana (Sikap kobra)
Bhujanga asana (Sikap kobra)
12. Dhanurāsana.
Rebahkan diri dengan dada dan muka di bawah, kedua tangan diletakkan di sisi, kedua kaki ditekuk ke belakang, naikkan tangan ke belakang dan pegang ugel-ugel, angkat dada dan kepala ke atas, lebarkan dada, tangan dan kaki kaku dan luruskan, tahan nafas dan keluarkan nafas perlahan.
MANFAAT: Menghilangkan sakit bungkuk, reumatik di kaki, lutut, dan tangan. Mengurangi kegemukan, dan melancarkan peredaran darah.

13. Gomukhāsana
Tumit kaki kiri diletakan di bawah pantat kiri, kaki kanan diletakkan sedemikian rupa, sehingga lutut kanan berada di atas lutut kiri dan telapak kaki kanan ada di sebelah paha kiri berdekatan.
MANFAAT: Menghilangkan reumatik di kaki, ambeen, sakit kaki dan paha, menghilangkan susah BAB (Buang Air Besar).

14. Trikonāsana.
Berdiri tegak, kedua kaki terpisah, + 65 – 70 cm, kemudian luruskan tangan dengan lebar, segaris dengan pundak, tangan sejajar dengan lantai.
MANFAAT: Menguatkan urat-urat tulang punggung dan alat-alat di perut, menguatkan gerak usus dan menambah nafsu makan.

15. Baddha Padmāsana.
Duduk dengan sikap padmasana, tumit mengenai perut, tangan kanan ke belakang memegang ibu jari kanan, begitu juga tangan kiri. Tekan janggut ke dada, lihat pada ujung hidung dan bernafas pelan- pelan.
MANFAAT: Asana ini bukan untuk bermeditasi tetapi untuk memperkuat kesehatan dan menguatkan badan. Dapat menyembuhkan lever, uluhati, usus.

16. Padahasthāsana.
Berdiri tegak, tangan digantung di sebelah badan, kedua tumit harus rapat tapi jari harus terpisah, angkat tangan kedua-duanya ke atas kepala. Perlahan bengkokkan badan ke bawah, jangan bengkokkan siku lalu pegang jari kaki dengan ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
MANFAAT: Menghilangkan hawa nafsu, tamas, menghilangkan lemak.

17. Matsyendrāsana.
Duduk dengan kaki menjulur, letakkan kaki kiri di atas pangkal paha kanan dan letakkan tumit kaki kiri di pusar. Kaki kanan letakkan di lantai di pinggir lutut kiri. Tangan kiri melalui lutut kanan di luarnya memegang jari kaki kanan dengan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah lalu tekankan pada lutut kanan dan kiri.
MANFAAT: Menghilangkan reumatik, menguatkan prana shakti (gaya batin) dan menyembuhkan bayak penyakit.
matsyendrasana
matsyendrasana
18. Chakrāsana.
Berdiri dengan tangan diangkat ke atas, perlahan- lahan turunkan ke belakang dengan membengkokkan tulang punggung.
MANFAAT: Melatih kegesitan, tangkas, segala pekerjaan akan dilaksanakan dengan cepat.

19. Savāsana.
Tidur terlentang, tangan lurus di samping badan, luruskan kaki dan tumit berdekatan. Tutup mata bernafas perlahan, lemaskan semua otot.
MANFAAT: Memberikan istirahat pada badan, pikiran, dan sukma.
BACA JUGA:
20. Janusirāsana
Letakkan tumit kiri di antara lubang pantat dan kemaluan, dan tekanlah tempat itu. Kaki kanan menjulur dengan lurus. Pegang jari kaki kanan dengan dua tangan.
MANFAAT: Menambah semangat dan menolong pencernaan. Asana ini menggiatkan surya chakra.

21. Garbhāsana.
Kedua tangan di antara paha dan betis, keluarkan kedua siku lalu pegang telinga kanan dengan tangan kanan dan sebaliknya.
MANFAAT: Menguatkan otot perut dan membakar lemak di seputar perut.

22. Kukutāsana.
Lebih dulu membuat padmasana. Masukkan tangan satu per satu dalam betis hingga sampai kira- kira di siku, telapak tangan diletakkan di lantai dengan jari terbuka ke depan, angkat badan ke atas salib kaki kira-kira sampai di siku.
MANFAAT: Menguatkan otot-otot dada dan pundak.
kukutasana
kukutasana

UJI KOMPETENSI
  1. Buatlah peta konsep tentang jenis-jenis yoga yang kamu ketahui!
  2. Latihlah dirimu untuk beryoga setiap saat, selanjutnya buatlah laporan tentang perkembangan yoga yang kamu lakukan baik secara fisik maupun rohani! Sebelumnya diskusikanlah dengan orangtuamu di rumah.
  3. Manfaat apakah yang dapat dirasakan secara langsung dari beryoga? Tuliskanlah pengalamanmu!



0 komentar:

Post a Comment