Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK Kelas XI


Salam buat para Pengajar, Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti untuk SMA / SMK telah banyak disosialisasikan mulai dari cara penerapannya sampai Cara Membuat RPP nya pun telah di seminarkan. Namun demikian mungkin masih ada banyak tenaga pengajar yang belum paham dan masih banyak pula yang belum bisa membuat Silabusnya. Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini saya mencoba memberikan contoh silabus Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti agar teman-teman pengajar bisa lebih jelas didalam menyusun silabus yang nantinya digunakan disekolah masing-masing.



SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK


Satuan Pendidikan : SMA
Kelas                   : XI
Kompetensi Inti    :

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).



                                       



2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2 Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi





3.1     Menjelaskan pengertian dan pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu.
4.1 Mempraktikkan sikap-sikap yoga
Yoga menurut Agama Hindu
Mengamati:
·    Peserta didik mendengarkan pendidik menjelaskan Astangga Yoga
·    Pendidik menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan atau memperagakan dengan benar

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan manfaat Hatta Yoga dan Yoga Asanas dalam kehidupan
·    Pendidik memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga


Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·    Peserta didik mempresentasikan bebarapa bagian tahapan Astangga Yoga
·    Mengumpulkan data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·    Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Astangga Yoga maupun dalam praktek-praktek Yoga

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik membuat hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan jasmani dan rohani
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan latihan Yoga

Tugas:
·   Membuat ringkasan materi Yoga
·   Mempraktekkan Yoga dan meditasi dalam kehidupan sehari-hari

Observasi:
Mengumpulkan hasil pengamatan pelaksanaan  praktek Yoga dan Meditasi dalam masyarakat

Portofolio:
Peserta didik membuat laporan  manfaat latihan Yoga dan tanggapan negatif terhadap ajaran Yoga

Tes:
Tertulis, lisan materi Yoga
12 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Yoga Patanjali

3.2 Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Mahabharata
4.2 Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Mahabharata dalam kehidupan.
Nilai-nilai Yajňa dalam Mahabharata
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang Yajňa dalam Mahabharata
·    Peserta didik mendengarkan cuplikan singkat cerita Mahabharata terkait dengan pelaksanaan Yajňa

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam Mahabharata
·    Pendidik memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik hubungan panca Yajňa dengan Pelaksanaan Yajňa zaman Mahabharata

Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·    Peserta didik mempresentasikan tentang Yajňa dalam kitab Mahabharata
·    Mengumpulkan data-data pelaksanaan Yajňa yang ada kaitannya dengan Mahabharata

Mengasosiasi:
·   Peserta didik menganilsis hubungan  panca Yajňa dengan Yajňa dalam Mahabharata
·   Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pelaksanaan Yajňa

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan persamaan dan perbedaan Panca Yajňa dengan Yajňa dalam Mahabharata
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan upacara Yajňa
Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan ajaran Yajňa dalam Mahabharata
·   Peserta didik membuat sarana Yajňa sesuai dengan daerah setempat

Observasi:
Mengumpulkan kliping yang berkaitan dengan Panca Yajňa hasil mengamati pelaksanaan Yajňa dimasyarakat

Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan  Yajňa sesuai dengan kondisi masyarakat setempat

Tes:
Tertulis, lisan materi Yajňa dalam Mahabharata
12 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Mahabharatha

3.3     Memahami ajaran Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
4.3 Mempraktikan sikap melaksanakan Catur Marga
Catur Marga
Mengamati:
·      Peserta didik mencermati Pendidik menjelaskan Catur Marga Yoga
·      Pendidik memberikan contoh bentuk perbuatan / kerja dalam Catur Marga Yoga

Menanya:
·      Peserta didik mengungkapkan contoh masing-masing bagian dari Catur Marga Yoga
·      Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta didik nama orang yang menjalani masing-masing bagian dari Catur Marga

Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·      Peserta didik mempresentasikan tentang Catur Marga Yoga
·      Mengumpulkan data-data untuk pendukung pelaksanaan Catur Marga dalam kehidupan masyarakat Hindu

Mengasosiasi:
·    Peserta didik melihat disekitarnya perilaku masyarakat yang melaksanakan ajaran Catur Marga
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pengamalan Catur Marga Yoga oleh masyarakat Hindu

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyapaikan hasil belajar secara tertulis, penerapan  ajaran Catur Marga dalam kehidupan bermasyarakat
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pengamalan Catur Marga Yoga

Tugas:
·   Membuat ringkasan Catur Marga
·   Mengumpulkan dalam bentuk gambar/foto masing-masing bagian Catur Marga

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan Catur Marga dalam masyarakat

Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan  Catur Marga dalam masyarakat sesuai dengan budaya, adat istiadat setempat

Tes:
Tertulis, lisan Catur Marga
12 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawa Dharmasastra

3.4  Menjelaskan ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
4.4  Menyaji ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
Wibuthi Marga
Mengamati:
·    Peserta didik mengamati penjelaskan pendidik ajaran Wibhuti Marga
·    Peserta didik mendengar peserta didik lainnya membaca Wibhuti Marga

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan hakekat Wibhuti  Marga dalam kehidupan
·    Pendidik memberikan contoh penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
                   
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·      Peserta didik mempresentasikan manfaat  melaksanakan Wibhuti Marga
·      Mengumpulkan data-data untuk mendukung penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·      Memberikan contoh kongkrit penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan
·      Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Wibhuti Marga oleh masyarakat Hindu

Mengomunikasikan:
·      Peserta didik menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan hasil penerapanWibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
·      Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto hasil pengamalan Wibuthi Marga dalam kehidupan

Tugas:
Membuat ringkasan materi Wibhuti Marga

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan Wibhti Marga dalam masyarakat

Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan dan manfaat Wibhuti Marga dalam masyarakat

Tes: 
Tertulis, lisan ajaran Wibuthi Marga
12 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawa Dharmasastra

3.5  Menjelaskan kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
4.5 Mempraktikan ajaran Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu

Mengamati:
·    Peserta didik mendengar pembacaan kitab Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
·    Peserta didik mengamati pembacaan sloka kitab Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu

Menanya:
·    Pendidik menanyakan kepada peserta didik sumber-sumber hukum Hindu
·    Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik menjelaskan sumber Hukum Hindu

Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·      Peserta didik mempresentasikan Hukum Hindu dalam kitab Dharmasastra
·      Mengumpulkan data-data terkait penerapan hukum Hindu untuk terwujudnya masyarakat yang damai, adil dan makmur

Mengasosiasi:
·   Peserta didik menganalisis perbedaan kualitas Hukum Hindu dengan hukum  buatan manusia
·   Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Manawa Dharmasastra sebagai kitab Hukum Hindu

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan  hasil secara lisan dan bergantian kualitas hukum Hindu dengan hukum buatan manusia
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto upaya mematuhi atau taat terhadap hukum Hindu maupun hukum Nasional

Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan materi Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
·   Menuliskan beberapa sloka yang berhubungan dengan Hukum Hindu

Observasi:
Membuat hasil mengamati penerapan Manawa Dharmasastra sebagai Hukum Hindu

Portofolio:
Membuat laporan penerapan Manawa Dharmasastra sebagai Hukum Hindu dalam masyarakat setempat

Tes:
Tertulis, lisan Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu

18 JP
§  Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§  Kitab Sarasamuscaya
§  Kitab Bhagavadgita
§  Kitab Manawa Dharmasastra

3.6 Menjelaskan nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
4.6 Menalar nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
Niwerti dan Prawerti Marga
Mengamati:
·   Peserta didik mendengarkan pembacaan ajaran Niwerti dan Prawerti Marga
·   Peserta didik menyimak pembacaan Niwerti dan Prawerti Marga  

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan bagian-bagian ajaran Niwerti dan Prawerti Marga
·    Peserta didik menanyakan persamaan dan perbedaan Niwerti dan Prawerti Marga

Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·    Peserta didik melakukan observasi berkaitan ajaran Niwerti dan Prawerti Marga di Sekolah
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  pelaksanaan Niwerti dan Prawerti Marga di masyarakat

Mengasosiasi:
·      Peserta didik menganalisis dampak sesudah dan sebelum memahami ajaran  Niwerti dan Prawerti Marga
·      Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Niwerti Marga dan Prawerti Marga

Mengomunikasikan:
·      Peserta didik menyimpulkan hasil  kualitas sikap hidup masyarakat dalam penerapan Niwerti dan Prawerti Marga
·      Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto contoh penerapan Niwerti dan Prawerti Marga

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan materi Niwerti dan Prawerti Marga

Observasi:
Membuat hasil pengamatan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan

Portofolio:
Membuat laporan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam masyarakat Hindu sesuai dengan budaya dan adat daerah setempat

Tes:
Tertulis, lisan  Niwerti dan Prawerti Marga

15 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawa
§ Dharmasastra

3.7 Memahami hakekat ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Mempraktekan perilaku jujur, disiplin, peduli dan ramah dengan menjalankan ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari
Catur Purusartha
Mengamati:
·      Peserta didik mengamati pembacaanajaran Catur Purusartha
·      Peserta didik menyimak pembacaan Catur Purusartha  

Menanya:
·      Peserta didik mengungkapkan contoh masing-masing bagian Catur Purusa Artha
·      Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh masing-masing bagian Catur Purusartha

Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·    Peserta didik mempresentasikan ajaranCatur Purusarta
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung terwujudnya pengamalan Catur Purusartha dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·      Peserta didik menganlisis hubungan masing-masing bagian Catur Purusartha dalam praktek kehidupan
·      Menyimpulkan hasil dari analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Catur Purusartha

Mengomunikasikan:
·       Peserta didik menyampaikan  hasil   belajar dalam bentuk tulisan penerapkan Catur Purusartha dalam kehdidupan 
·       Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto contoh penerapan Catur Purusartha

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan materi Catur Purusarta

Observasi:
Membuat hasil mengamati pelaksanaan Catur Purusartha dalam masyarakat untuk mencapai kebahagiaan jasmani dan rohani

Portofolio:
Membuat laporan hakekat Catur Purusartha dalam masyarakat dan terwujudnya Moksartham jagadhita ya ca iti Dharma

Tes:
Tertulis, lisan materi Catur Purusarta

12 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawa Dharmasastra

3.8  Menjelaskan perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
4.8 Menyaji perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
Wiwaha.
Mengamati:
·      Peserta didik melihat gambar-gambar bentuk Wiwaha ( perkawinan ) sesuai dengan budaya Hindu daerah setempat
·      Menyimak pembacaan wiwaha dengan seksama sehingga dapat dipahimi maknanya

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan bagiamana bentuk-bentuk wiwaha sesuai dengan budaya daerah setempat
·   Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh bentuk-bentuk wiwaha

Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·    Peserta didik mempresentasikan Wiwaha    (Perkawinan)
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung terwujudnya perkawinan yang harmonis, bahagia dan sejahtera dan langgeng dalam keluarga

Mengasosiasi:
·       Peserta didik menganalisis masing-masing kewajiban suami, istri dan anak dalam Wiwaha (Perkawinan)
·       Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam Wiwaha (Perkawinan)

Mengomunikasikan:
·       Peserta didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan manfaat melaksanakan Wiwaha
·       Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto hidup bahagia dan sejahtera dalam membina keluarga
Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan materi Wiwaha.
·   Peserta didik membuat konsep upaya menjaga perkawinan yang harmonis, langgeng dan saling mencintai

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan Wiwaha.antara daerah sesuai dengan budaya setempat

Portofolio:
Membuat laporan baik dan buruk yang terjadi  dalam Wiwaha pada kehidupan tradisional dengan masyarakat modern

Tes:
Tertulis, lisan materi Wiwaha.
15 JP
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Manawa Dharmasastra
§ Buku Undang-Undang Perkawinan

Post a Comment for "SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK Kelas XI"