SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK Kelas XI
Salam buat para Pengajar, Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti untuk SMA / SMK telah banyak disosialisasikan mulai dari cara penerapannya sampai Cara Membuat RPP nya pun telah di seminarkan. Namun demikian mungkin masih ada banyak tenaga pengajar yang belum paham dan masih banyak pula yang belum bisa membuat Silabusnya. Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini saya mencoba memberikan contoh silabus Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti agar teman-teman pengajar bisa lebih jelas didalam menyusun silabus yang nantinya digunakan disekolah masing-masing.
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa
sehari-hari).
|
|||||
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi
|
|||||
3.1
Menjelaskan pengertian dan
pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu.
4.1
Mempraktikkan sikap-sikap yoga
|
Yoga
menurut Agama Hindu
|
Mengamati:
·
Peserta didik mendengarkan
pendidik menjelaskan Astangga Yoga
· Pendidik menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta
didik menirukan atau memperagakan dengan benar
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan manfaat Hatta Yoga dan
Yoga Asanas dalam kehidupan
· Pendidik
memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
mempresentasikan bebarapa bagian tahapan Astangga Yoga
· Mengumpulkan
data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam
Astangga Yoga
·
Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan
Astangga Yoga maupun dalam praktek-praktek Yoga
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik membuat hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap
kesehatan jasmani dan rohani
· Peserta
didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan latihan Yoga
|
Tugas:
· Membuat
ringkasan materi Yoga
· Mempraktekkan
Yoga dan meditasi dalam kehidupan sehari-hari
Observasi:
Mengumpulkan
hasil pengamatan pelaksanaan praktek
Yoga dan Meditasi dalam masyarakat
Portofolio:
Peserta
didik membuat laporan manfaat latihan
Yoga dan tanggapan negatif terhadap ajaran Yoga
Tes:
Tertulis,
lisan materi Yoga
|
12
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Yoga Patanjali
|
3.2 Memahami
hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Mahabharata
4.2
Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Mahabharata dalam kehidupan.
|
Nilai-nilai
Yajňa dalam Mahabharata
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang Yajňa dalam Mahabharata
·
Peserta didik
mendengarkan cuplikan singkat cerita Mahabharata terkait dengan pelaksanaan
Yajňa
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam Mahabharata
· Pendidik
memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik hubungan panca Yajňa
dengan Pelaksanaan Yajňa zaman Mahabharata
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
mempresentasikan tentang Yajňa dalam kitab Mahabharata
· Mengumpulkan
data-data pelaksanaan Yajňa yang ada kaitannya dengan Mahabharata
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganilsis hubungan panca Yajňa
dengan Yajňa dalam Mahabharata
· Menyimpulkan hasil analisis berbagai
macam hal yang dihadapi dalam pelaksanaan Yajňa
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
hasil belajar dalam bentuk tulisan persamaan dan perbedaan Panca Yajňa dengan
Yajňa dalam Mahabharata
· Peserta
didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan upacara Yajňa
|
Tugas:
· Peserta
didik membuat ringkasan ajaran Yajňa dalam Mahabharata
· Peserta
didik membuat sarana Yajňa sesuai dengan daerah setempat
Observasi:
Mengumpulkan
kliping yang berkaitan dengan Panca Yajňa hasil mengamati pelaksanaan Yajňa
dimasyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Yajňa sesuai
dengan kondisi masyarakat setempat
Tes:
Tertulis,
lisan materi Yajňa dalam Mahabharata
|
12
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Mahabharatha
|
3.3
Memahami ajaran Catur Marga
sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
4.3
Mempraktikan sikap melaksanakan Catur Marga
|
Catur
Marga
|
Mengamati:
·
Peserta didik
mencermati Pendidik menjelaskan Catur Marga Yoga
·
Pendidik memberikan contoh bentuk perbuatan / kerja dalam Catur Marga
Yoga
Menanya:
· Peserta
didik mengungkapkan contoh masing-masing
bagian dari Catur Marga Yoga
· Pendidik
memberikan pertanyaan kepada peserta didik nama orang yang menjalani
masing-masing bagian dari Catur Marga
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
mempresentasikan tentang Catur Marga Yoga
· Mengumpulkan
data-data untuk pendukung pelaksanaan Catur Marga dalam kehidupan masyarakat
Hindu
Mengasosiasi:
·
Peserta didik melihat disekitarnya perilaku masyarakat yang
melaksanakan ajaran Catur Marga
·
Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pengamalan Catur
Marga Yoga oleh masyarakat Hindu
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyapaikan hasil
belajar secara tertulis, penerapan ajaran Catur Marga dalam kehidupan
bermasyarakat
·
Peserta didik membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pengamalan Catur Marga Yoga
|
Tugas:
· Membuat
ringkasan Catur Marga
· Mengumpulkan
dalam bentuk gambar/foto masing-masing bagian Catur Marga
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Catur Marga dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Catur Marga dalam
masyarakat sesuai dengan budaya, adat istiadat setempat
Tes:
Tertulis,
lisan Catur Marga
|
12
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
|
3.4 Menjelaskan
ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
4.4 Menyaji
ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
|
Wibuthi
Marga
|
Mengamati:
·
Peserta didik
mengamati penjelaskan pendidik ajaran
Wibhuti Marga
·
Peserta didik
mendengar peserta didik lainnya membaca Wibhuti Marga
Menanya:
·
Peserta didik
menanyakan hakekat Wibhuti Marga dalam kehidupan
·
Pendidik
memberikan contoh penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
mempresentasikan manfaat melaksanakan Wibhuti Marga
· Mengumpulkan data-data untuk mendukung penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan
Mengasosiasi:
·
Memberikan
contoh kongkrit penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan
· Menganalisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam penerapan Wibhuti Marga oleh masyarakat Hindu
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam
bentuk tulisan hasil penerapanWibhuti
Marga dalam kehidupan sehari-hari
·
Membuat dalam bentuk
gambar-gambar/ foto hasil pengamalan Wibuthi Marga dalam kehidupan
|
Tugas:
Membuat
ringkasan materi Wibhuti Marga
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Wibhti Marga dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan dan manfaat Wibhuti Marga dalam masyarakat
Tes:
Tertulis,
lisan ajaran Wibuthi Marga
|
12
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
|
3.5 Menjelaskan
kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
4.5
Mempraktikan ajaran Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
Manawa
Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
|
Mengamati:
·
Peserta didik
mendengar pembacaan kitab Manawa
Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
·
Peserta didik
mengamati pembacaan sloka kitab Manawa
Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
Menanya:
· Pendidik
menanyakan kepada peserta didik sumber-sumber hukum Hindu
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik menjelaskan sumber Hukum Hindu
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik mempresentasikan Hukum Hindu dalam kitab
Dharmasastra
· Mengumpulkan data-data terkait penerapan hukum Hindu untuk
terwujudnya masyarakat yang damai, adil dan makmur
Mengasosiasi:
·
Peserta didik menganalisis
perbedaan kualitas Hukum Hindu dengan
hukum buatan manusia
· Menyimpulkan dari hasil analisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Manawa Dharmasastra sebagai
kitab Hukum Hindu
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil secara lisan
dan bergantian kualitas hukum Hindu
dengan hukum buatan manusia
·
Peserta didik membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto upaya mematuhi atau taat terhadap hukum Hindu
maupun hukum Nasional
|
Tugas:
· Peserta
didik membuat ringkasan materi Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
· Menuliskan
beberapa sloka yang berhubungan dengan Hukum Hindu
Observasi:
Membuat
hasil mengamati penerapan Manawa Dharmasastra sebagai Hukum Hindu
Portofolio:
Membuat
laporan penerapan Manawa Dharmasastra sebagai Hukum Hindu dalam masyarakat
setempat
Tes:
Tertulis, lisan
Manawa Dharmasastra sebagai kitab hukum Hindu
|
18
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
|
3.6 Menjelaskan
nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
4.6 Menalar
nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
|
Niwerti
dan Prawerti Marga
|
Mengamati:
·
Peserta didik
mendengarkan pembacaan ajaran Niwerti
dan Prawerti Marga
·
Peserta didik
menyimak pembacaan Niwerti dan Prawerti Marga
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan bagian-bagian ajaran Niwerti
dan Prawerti Marga
·
Peserta didik
menanyakan persamaan dan perbedaan Niwerti dan Prawerti Marga
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
melakukan observasi berkaitan ajaran Niwerti
dan Prawerti Marga di Sekolah
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung pelaksanaan
Niwerti dan Prawerti Marga di masyarakat
Mengasosiasi:
· Peserta didik menganalisis dampak sesudah dan sebelum memahami
ajaran Niwerti dan Prawerti Marga
· Menyimpulkan dari hasil analisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Niwerti Marga dan Prawerti
Marga
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyimpulkan
hasil kualitas sikap hidup masyarakat dalam penerapan Niwerti dan
Prawerti Marga
·
Membuat dalam bentuk
gambar-gambar/ foto contoh penerapan Niwerti dan Prawerti Marga
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan materi Niwerti dan Prawerti Marga
Observasi:
Membuat
hasil pengamatan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
Portofolio:
Membuat
laporan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam masyarakat Hindu sesuai
dengan budaya dan adat daerah setempat
Tes:
Tertulis,
lisan Niwerti dan Prawerti Marga
|
15
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawa
§ Dharmasastra
|
3.7 Memahami
hakekat ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Mempraktekan perilaku jujur, disiplin,
peduli dan ramah dengan menjalankan ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan
sehari-hari
|
Catur
Purusartha
|
Mengamati:
·
Peserta didik
mengamati pembacaanajaran Catur Purusartha
·
Peserta didik
menyimak pembacaan Catur Purusartha
Menanya:
·
Peserta didik
mengungkapkan contoh masing-masing
bagian Catur Purusa Artha
· Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menunjukkan contoh masing-masing bagian Catur Purusartha
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
mempresentasikan ajaranCatur
Purusarta
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung terwujudnya pengamalan Catur Purusartha dalam
kehidupan
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganlisis hubungan masing-masing bagian Catur Purusartha dalam
praktek kehidupan
· Menyimpulkan hasil dari analisis
berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Catur Purusartha
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan penerapkan
Catur Purusartha dalam kehdidupan
·
Membuat dalam bentuk
gambar-gambar/ foto contoh penerapan Catur Purusartha
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan materi Catur Purusarta
Observasi:
Membuat
hasil mengamati pelaksanaan Catur Purusartha dalam masyarakat untuk mencapai
kebahagiaan jasmani dan rohani
Portofolio:
Membuat
laporan hakekat Catur Purusartha dalam masyarakat dan terwujudnya Moksartham
jagadhita ya ca iti Dharma
Tes:
Tertulis,
lisan materi Catur Purusarta
|
12
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
|
3.8 Menjelaskan
perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan
keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
4.8
Menyaji perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk
menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
|
Wiwaha.
|
Mengamati:
·
Peserta didik
melihat gambar-gambar bentuk Wiwaha ( perkawinan ) sesuai dengan budaya
Hindu daerah setempat
·
Menyimak
pembacaan wiwaha dengan seksama sehingga dapat dipahimi maknanya
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan bagiamana bentuk-bentuk wiwaha sesuai dengan
budaya daerah setempat
·
Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh
bentuk-bentuk wiwaha
Mengeksperimen/mengeksplorasikan:
·
Peserta didik
mempresentasikan Wiwaha (Perkawinan)
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung terwujudnya perkawinan yang harmonis, bahagia dan
sejahtera dan langgeng dalam keluarga
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganalisis masing-masing kewajiban suami, istri dan anak dalam Wiwaha
(Perkawinan)
· Menyimpulkan hasil analisis berbagai
macam hal yang dihadapi dalam Wiwaha (Perkawinan)
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan manfaat melaksanakan
Wiwaha
· Membuat
dalam bentuk gambar-gambar/ foto hidup bahagia dan sejahtera dalam membina
keluarga
|
Tugas:
· Peserta
didik membuat ringkasan materi Wiwaha.
· Peserta
didik membuat konsep upaya menjaga perkawinan yang harmonis, langgeng dan
saling mencintai
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Wiwaha.antara daerah sesuai dengan budaya
setempat
Portofolio:
Membuat
laporan baik dan buruk yang terjadi
dalam Wiwaha pada kehidupan tradisional dengan masyarakat modern
Tes:
Tertulis,
lisan materi Wiwaha.
|
15
JP
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Manawa
Dharmasastra
§ Buku
Undang-Undang Perkawinan
|
Post a Comment for "SILABUS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK Kelas XI"