Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA


Berikut ini saya bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA untuk kelas X,XI,XII



KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


1.1   Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat

1.2   Menghayati isi dan makna pasal 28e dan 29 ayat (2) UUD 1945

1.3   Menghargai sikap toleransi antar umat beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

1.4   Menghargai kerukunan hidup antar umat beragama dan kepercayaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


2.1 Menunjukkan penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa

2.2 Menunjukkan penghayatan terhadap nilai dan norma yang terkandung dalam pasal-pasal UUD 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam)

2.3 Menghargai nilai dan moral yang terkandung dalam alinea ke-empat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.4 Menunjukkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia

2.5 Menghargai nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks NKRI Indonesia


3. Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


3.1 Menganalisis perkembangan kasus-kasus pelindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan konsep dan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

3.2 Menelaah kerangka umum dan isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.3 Menganalisis bentuk dan kedaulatan Negara dan pelaksanaan Pemilu yang termuat dalam isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.4 Menganalisis hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik

3.5 Menganalisis sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.6 Menganalisis indikator ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika

3.7 Menganalisis pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


4.1 Mengumpulkan dan mengolah informasi sebagai sumber data terkait peran pemerintah dan masyarakat dalam pelindungan dan pemajuan HAM di Indonesia sesui dengan konsep dan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan berernegara

4.2 Mengolah informasi faktual dan konseptual terkait berbagai kasus penyimpangan terhadap pasal-pasal UUD 1945 dari masa ke masa

4.3 Mengolah informasi kompleksitas sistem kekuasaan Negara tentang bentuk dan kedaulatan Negara dan pelaksanaan Pemilu yang terkandung dalam isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4 Menyajikan dengan menggunakan berbagai ilustrasi tentang semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

4.5 Menyajikan makalah tentang sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.6 Mengamati dan bersiap diri dalam mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika

4.7 Menyajikan hasil kajian tentang perilaku kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap NKRI


KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


1.1  Menghayati perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip solidaritas yang dilandasi ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya

1.2  Mengamalkan isi pasal 28e dan 29 ayat 2 UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

1.3  Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

1.4  Menghargai fungsi dan peran rakyat Indonesia yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam NKRI


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


2.1 Mengamalkan nilai dan moral Pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

2.2 Mengamalkan nilai norma dan moral yang terkandung dalam pasal-pasal UUD Negara Republik Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam)

2.3 Menghayati nilai dan moral yang terkandung dalam alinea ke-empat Pembukaan Alenia UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.4 Mengantisipasi berbagai dampak dan bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam mempertahankan keberagaman

2.5 Menghayati budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan kesadaran bernegara kesatuan dalam konteks NKRI


3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


3.1 Menganalisis kandungan nilai kebernegaraan yang terkandung dalam sila-sila Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

3.2 Menganalisis muatan normatif dari pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercay aan, pertahanan dan keamanan

3.3 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.4 Menganalisis praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

3.5 Menganalisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

3.6 Menganalisis budaya politik di berbagai Negara

3.7 Menganalisisi berbagai strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.8 Membandingkan keunggulan dan kelemahan konsep NKRI dengan konsep negara federal/ serikat dilihat dari konteks geopolitik masing-masing negara


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


4.1 Menyajikan makalah tentang konsep dan nilai kebernegaraan yang bersumber dari sila-sila Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.2 Menyajikan hasil kajian secara argumentatif konstitusional tentang berbagai kebijakan publik sesuai dengan amanat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyara kat, berbangsa, dan bernegara

4.3 Menyajikan peta perkembangan dan dinamika sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4 Menyajikan praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

4.5 Menyajikan praksis pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

4.6 Menyajikan makalah tentang budaya politik di berbagai Negara

4.7 Mengajukan solusi dan melaksanakan berbagai strategi untuk mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.8 Mengamati dan melaksanakan perilaku kewarganegaraan yang dilandasi jiwa, semangat, dan nilai kepahlawanan dalam konteks NKRI


KELAS: XII


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR


1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


1.1  Mengamalkan ketaataan terhadap agama dan kepercayaan yang dianut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

1.2  Mengamalkan nilai-nilai dan moral yang terkandung dalam pasal 28e dan 29 ayat 2 UUD 1945

1.3  Menghayati jiwa dan semangat bergotong royong antar umat beragama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

1.4  Menghargai karakter pemimpin yang berakhlak mulia dalam menjaga keutuhan NKRI



2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


2.1 Mengaktualisasikan nilai dan moral Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

2.2 Mengamalkan kesadaran berkonstitusi berdasarkan pemahaman latar belakang, proses perumusan dan pengesahan, serta perkembangan aktualisasi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2.3 Mengamalkan nilai dan moral yang terkandung dalam alinea ke-empat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.4 Menunjukkan potensi internal untuk mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dalam mempertahankan keberagaman

2.5 Mengamalkan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI



3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


3.1 Mengevaluasi keterlaksanaan prinsip kebernegaraan secara konsisten dan konsekwen sesuai dengan konsep dan nilai sila-sila Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

3.2 Mengevaluasi tingkat keterlaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan kekuasaan kehakiman

3.3 Mengevaluasi efektivitas pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD Negara RI tahun 1945 sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai sekarang dalam mewujudkan tujuan Negara

3.4 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasiona

3.5 Mengevaluasi efektivitas strategi yang diterapkan dalam penyelesaian ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.6 Mengevaluasi secara komparatif efektivitas penyelenggaraan negara dalam sistem kenegaraan NKRI dengan sistem kenegaraan federal/serikat


4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.1 Mengajukan solusi pemecahan masalah dengan menggunakan argumentasi sosial kultural tentang berbagai kasus pelanggaran HAM dalam konteks perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.2 Mencipta model rekayasa sosial kultural untuk menerapkan nilai yang terkandung dalam pasal-pasal UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

4.3 Mengumpulkan dan menyajikan data tentang efektivitas pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD Negara RI tahun 1945 sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai sekarang

4.4 Mengumpulkan dan menyajikan data dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional

4.5 Merumuskan alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi efektivitas strategi penyelesaian ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.6 Mencipta model perilaku kewarganegaraan kreatif yang dilandasi jiwa, semangat, dan nilai kepahlawanan dalam konteks NKRI


Post a Comment for "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA"