Home » , » Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum 2013 tingkat SMA/SMK/MA

Advertisement


Berikut ini adalah KI dan KD mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum 2013 untuk kelas X, XI, dan XII SMA/SMK/MA.


KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya




1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu.


1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).

2.2  Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi.


3. Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


3.1 Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana

3.2 Menyebutkan ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup

3.3 Menjelaskan hakekat Padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu.

3.4 Menjelaskan ajaran Dharsana dalam agama Hindu

3.5 Menjelaskan ajaran Catur Asrama

3.6 Menjelaskan perilaku gotong royong dan kerjasama, serta berinteraksi secara efektif  dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


4.1 Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Ramayana dalam kehidupan

4.2 Menalar Upaveda sebagai tuntunan hidup

4.3  Mempraktekkan cara menentukan padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu

4.4 Menalar ajaran Dharsana sabagai bagian dalam filsafat Hindu

4.5 Mempraktekkan manfaat menjalani ajaran Catur Asrama dalam kehidupan

4.6 Menyaji masing-masing fungsi  Catur Warna dalam masyarakat


KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya




1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu.


1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 


2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).

2.2  Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi.


3. Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


3.1 Menjelaskan pengertian dan pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu.

3.2 Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Mahabharata

3.3 Memahami ajaran Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi

3.4 Menjelaskan ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan 

3.5 Menjelaskan kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu

3.6 Menjelaskan nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan

3.7 Memahami hakekat ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari

3.8 Menjelaskan perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


4.1 Mempraktikkan sikap-sikap yoga

4.2 Mempraktikkan pelaksanaan Yajňa menurut kitab Mahabharata dalam kehidupan.

4.3 Mempraktikan sikap melaksanakan Catur Marga

4.4 Menyaji ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan

4.5 Mempraktikan ajaran Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu 

4.6 Menalar nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan

4.7 Mempraktekan perilaku jujur, disiplin, peduli dan ramah dengan menjalankan ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari

4.8 Menyaji perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.


KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu.


1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).


2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).

2.2  Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


3.1 Menjelaskan ajaran Moksha dalam Susastra Veda

3.2 Menyebutkan  sumber-sumber Hukum  Hindu  dalam Susastra Veda

3.3 Menjelaskan kebudayan Prasejarah dan Sejarah, toeri-teori masuknya agama Hindu di Indonesia

3.4 Menjelaskan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra

3.5 Menjelaskan ajaran  Nawa Widha  Bhakti

3.6 Menjelaskan ajaran Tri Purusha

3.7 Menerapkan sikap disiplin, peduli dan bertanggungjawab sesuai dengan ajaran Dasa Yama Bratha

3.8 Menerapkan sikap disiplin, peduli dan bertanggungjawab sesuai dengan ajaran Dasa Nyama Bratha


4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


4.1 Menyaji Astangga Yoga untuk mencapai Moksa

4.2 Melantunkan sloka-sloka yang terkait dengan sumber hukum Hindu

4.3 Menyaji bukti-bukti prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia

4.4 Mempraktekkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan 

4.5 Mempraktekkan ajaran Nawa Widha  Bhakti sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan 

4.6 Menalar ajaran Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi

4.7 Mempraktekan  ajaran Dasa Yama Bratha dalam kehidupan sehari-hari

4.8 Mempraktekan  ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari



0 komentar:

Post a Comment