Home » , , , » Perangkat Penyimpanan - Saving Hardware pada Sistem Komputer

Perangkat Penyimpanan - Saving Hardware pada Sistem Komputer

Advertisement

Perangkat Penyimpanan - Saving Hardware
Perangkat Penyimpanan - Saving Hardware

1.      Piranti Penyimpanan
a.      Magnetik Storage Media
1)      Harddisk
Harddisk merupakan suatu tempat penyimpanan data utama pada komputer atau laptop. Harddisk ini pertama kali diciptakan oleh Reynold Johnson seorang insinyur IBM pada tahun 1956, harddisk pertama kali tersusun dari 50 piringan berukuran 0,6 meter dengan kecepatan 1.200 rpm dengan jumlah memory 4,4 MB. Berbeda jauh dari sekarang yang memiliki kapasitas 750 GB dan hanya selebar 0,6 cm saja, bahkan saat ini kapasitas harddisk terbesar mencapai 3 TB dan berukuran 3,5 inci saja. Selain itu penggunaannya pun bukan hanya sebagai memory internal saja, sudah ada harddisk external yang dijual pasaran saat ini.
2)      Floppy Disk
Floppy disk drive (disket) merupakan memory penyimpanan yang terdiri atau satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Floppy disk drive (disket) digunakan untuk menyimpan data dari satu komputer lain. Disket berisi sebuah piringan magnetic. Pembacaan dan penulisan data ke piringan magnetic dilakukan melalui head yang akan menempel kepermukaan piringan.
3)      Zip Drive
Zip Drive merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB.
4)      Memory Card (Flash Memory Card)
Memory Card  (Flash Memory Card) merupakan media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video game console.
5)      USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)
USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys) memiliki kapasitas data yang besar, tidak gampang rusak, serta berukuran kecil sehingga mudah dibawah.
6)      DVD (Digital Versatile Disc)
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte) . jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penympanan  dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada CD-Rom biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes.
Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan music dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam ukuran waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-RM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan. DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu : DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring. Hanya sekali penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc. Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu:
* Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
* Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
*Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
* Double-sided, double layer kapasitas 17 GB

7)   CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)
CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki lubang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit. Contohnya:
* CD-ROM (compact Disk Read Only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halaman text.
*CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.
* CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data baru.
b.      Sound Card
Sound card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
2. Sound Card offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata sekarang sudah menggunakan  PCI.
3. Sound card external, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

c.       VGA Card
VGA (Video Graphics Adapter) adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.
Tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
VGA Card berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI  dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh super VGA 
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menterjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, Sis, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment