Home » , , » Output Hardware - Perangkat keras Keluaran dalam sistem komputer

Output Hardware - Perangkat keras Keluaran dalam sistem komputer

Advertisement
Output Hardware - Perangkat keras Keluaran
Output Hardware - Perangkat keras Keluaran
OUTPUT DEVICE

Output device adalah peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Macam-macam:
1. Monitor
Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer.
Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah:
  1. CGA (Color Graphic Adapter) tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
  2. EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya diatas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
  3. EPGA (Enhanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA.
  4. VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunyai warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
  5. LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar datar dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai juataan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.
  6. LED (Light Emitting Diode) menggantikan teknologi menggunakan LCD (Liquid Crystal Display). Sebagaimana yang kita ketahui sebelumnya teknologi LCD monitor menggantikan teknologi CRT (Cathode-Ray Tube) monitor yang dianggap boros energy dan kurang ramah lingkungan. Demikian halnya dengan LED monitor ini member perubahan terhadap penggunaan energy yang makin hemat dan ramah terhadap lingkungan hidup manusia yang dari hari ke hari semakin memburuk.
  7. Banyak keunggulan yang dihasilkan oleh LED monitor dibandingkan dengan LCD monitor, diantaranya adalah:
  • Kemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan dengan LCD monitor. Selama ini LCD monitor banyak dikeluhkan oleh pengguna komputer yang bekerja sebagai desainer grafis, yaitu kemampuan gambar yang dihasilkan oleh LCD tidak sehalus gambar yang dihasilkan CRT monitor. Kedalaman warna yang lebih tinggi dibandingkan LCD monitor sampai hampir mendekati warna aslinya. Kontras rasio yang cukup tinggi perbandingannya dibandingkan dengan LCD monitor.
  • Tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi lingkungan, salah satunya tidak lagi menggunakan bahan elektronik yang megandung mercury.
  • Karena menggunakan LED, dipastikan tidak menghasilkan flicker (kedip) lebih sering (diistilahkan sebagai “FLICKER FREE”). Pencahayaan yang dihasilkan oleh LED lebih stabil dibandingkan dengan LCD, sehingga kestabilan cahaya dan warna, serta ketajamannya bisa terjaga selama monitor digunakan.
  • Konsumsi energy yang digunakan lebih sedikit (40 % lebih hemat) dibandingkan dengan LCD monitor yang masih menggunakan lampu fluorescent sebagai pemancar cahaya.
  • Umur lampu LED lebih lama atau mempunyai masa pakai yang lebih lama dibandingkan LCD Monitor.
  • LED Monitor dibandingkan denganLCD Monitor akan mempunyai berat yang lebih ringan, disamping itu ketebalannya akan lebih tipis juga.
  • LED monitor lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan LCD monitor. LCD monitor tidak ramah lingkungan sebab ketika layarnya dinyalakan dengan menggunakan tabung-tabung fluorescent (biasanya ada empat) atau lebih dikenal dengan nama CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp), terbentuklah uap merkuri (air raksa) bertekanan rendah. Merkuri (Hg) ini adalah produk yang berbahaya, yang jika dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan.

2. Printer

Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Berdasarkan alat mekanik atau proses kerjanya yang digunakan, printer dibagi menjadi 2 kategori:
a. Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrik)
b. Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan dan elektronik pada media cetaknya.

Berdasarkan perkembangan teknologi, printer dibagi menjadi:
a. Dot matrik
Jenis printer yang mencetak ke kertas dengan cara “langsung”. Artinya, head printer langsung “mengetuk” pita tinta yang berhadapan sama kertas. Keuntungannya, cara kerja dot matrix mirip mesin tik ini bisa diaplikasikan juga buat pencetakan beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas.
Contoh: Epson LX-300, LX-800, LQ-1170

b. Ink Jet
Jenis printer yang mencetak dengan mendorong tetesan tinta ke media/kertas.
Contoh: Hp Deskjet, Cannon Buble jet

c. Laser
Jenis printer untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari catridge ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis disbanding menggunakan tinta.
Contoh: HP Laser Jet 1000, 1010, 1020

3. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan kontruksi bangunan.

4. Speaker Speaker
memberikan informasi dalam bentuk suara.

1 komentar:

  1. Sudah tahu tray makanan yang dibuat dengan teknologi ramah lingkungan kan? Tray tersebut terbuat dari kertas foodgrade yang artinya tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga aman untuk makanan.

    ReplyDelete