Home » » RPP SMP : Sradha, Meyakini kemahakuasaan Sanghyang Widhi Tuhan

RPP SMP : Sradha, Meyakini kemahakuasaan Sanghyang Widhi Tuhan

Advertisement
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                          : SMP Negeri 1 Baturiti
Mata Pelajaran               : Agama Hindu
Kelas / Semester             : VII / Ganjil
Standar Kompetensi      : 1. Sradha, Meyakini kemahakuasaan Sanghyang Widhi Tuhan sebagai Asta Iswarya
Kompetensi Dasar          :  1.1.Menguraikan ajaran asta iswarya
1.2.Menguraikan arti dan makna bagian-bagian Asta Iswarya
1.3.Menunjukan contoh-contoh kemahakuasaan Sanghyang Widhi/Tuhan sebagai Asta Iswarya
Indikator                        : - Mampu menguraikan pengertian Asta Iswarya secara etimologi
-   Menghubungkan Asta Iswarya dengan sifat-sifat Sanghyang Widhi lainnya (Cadu Sakti)
-   Mampu menyebutkan bagian-bagian Asta Iswarya
-   Mampu membedakan masing-masing bagian Asta Iswarya
-   Mampu menjelaskan makna masing-masing bagian dari ajaran Asta Iswarya dalam kaitannya dengan pembentukan keimanan/sradha kepada Tuhan
-   Meyakini sifat-sifat kemahakuasaan Tuhan yang terampu dalam Asta Iswarya
-   Mampu menemukan contoh-contoh Asta Iswarya dalam kehidupan nyata
-   Mampu membedakan kemahakuasaan Sanghyang Widhi dengan kekuasaan manusia yang terbatas.
Alokasi Waktu               : 6 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menguraikan pengertian Asta Iswarya secara etimologi
2.      Menghubungkan Asta Iswarya dengan sifat-sifat Sanghyang Widhi lainnya (Cadu Sakti)
3.      Menyebutkan bagian-bagian Asta Iswarya
4.      Membedakan masing-masing bagian Asta Iswarya
5.      Menjelaskan makna masing-masing bagian dari ajaran Asta Iswarya dalam kaitannya dengan pembentukan keimanan/sradha kepada Tuhan
6.      Meyakini sifat-sifat kemahakuasaan Tuhan yang terampu dalam Asta Iswarya
7.      Menemukan contoh-contoh Asta Iswarya dalam kehidupan nyata
8.      Membedakan kemahakuasaan Sanghyang Widhi dengan kekuasaan manusia yang terbatas.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Asta Iswarya
2.      Bagian-bagian Asta Iswarya
3.      Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi

C.     METODE PENGAJARAN :
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN :
Pertemuan I
Pendahuluan :
1.      Appersepsi : - Sebutkan bagian-bagian panca sraddha dan artinya !
                                 - Apakah yang dimaksud dengan Tuhan ?
                                 - Guru memberikan bayangan tentang definisi Tuhan dan menjelaskan ajaran Hindu tentang kemahakuasaan Tuhan.
2.      Motivasi : Guru menunjukan gambar Sang Hyang Acintya.

Kegiatan inti :
1.      Mengarahkan siswa untuk memperhatikan gambar Sang Hyang Acintya
2.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan argumentasi terhadap gambar yang ditunjukan
3.      Guru memberikan penjelasan tentang kemahakuasaan Tuhan
4.      Guru memberitahukan arti dari kata “Asta” dan “Iswarya”
5.      Siswa diminta merangkai/menggabungkan kedua arti kata tersebut dan memberikan definisi tentang “Asta Iswarya”
6.         Guru menyimpulkan tentang arti “Asta Iswarya” dan menghubungkan Asta Iswarya dengan Cadu Sakti

Penutup :
1.         Penilaian
2.         Refleksi : Guru memberi pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan kepada siswa.

Pertemuan II
Pendahuluan :
1.      Appersepsi :
       
-       Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya
-       Memberi kesempatan kepada siswa untuk memberi contoh kemahakuasaan Tuhan.
2.      Motivasi    :
Menunjukan bagan bagian-bagian Asta Iswarya

Kegiatan inti :



1.      Guru meminta siswa untuk memperhatikan bagan yang ditunjukan
2.      Siswa mencatat bagan tersebut
3.      Siswa mendiskusikan arti dari masing-masing bagian Asta Iswarya
4.      Delapan siswa memberikan arti terhadap delapan bagian Asta Iswarya
5.      Guru memberikan kata kunci dalam menjelaskan makna dari bagian-bagian Asta Iswarya
Penutup :

1.   Penilaian

2.   Refleksi : Guru memberi pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan kepada siswa.



Pertemuan III
Pendahuluan :
1.      Appersepsi :
             
-       Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya
-       Memberi kesempatan kepada siswa untuk memberi penjelasan tentang makna dari bagian-bagian Asta Iswarya
2.      Motivasi    :
Menunjukan bagan bagian-bagian Asta Iswarya

Kegiatan inti :



1.    Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari perbedaan dari masing-masing bagian Asta Iswarya
2.    Guru memberi penjelasan tentang perbedaan dari masing-masing bagian Asta Iswarya
Penutup :

1.    Penilaian

2.   Refleksi : Guru memberi pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan kepada siswa.

Pertemuan IV
Pendahuluan :
1.      Appersepsi :
           
-       Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya
2.      Motivasi    :
Menunjukan bagan bagian-bagian Asta Iswarya

Kegiatan inti :



1.      Siswa memberikan definisi terhadap bagian-bagian Asta Iswarya sesuai dengan konsep yang telah diberikan oleh guru
2.    Guru memperjelas pengertian dan makna dari masing-masing bagian Asta Iswarya
Penutup :

1.   Penilaian

2.   Refleksi : Guru memberi pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan kepada siswa.

Pertemuan V
Pendahuluan :
1.   Appersepsi :
          
-       Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya
2.   Motivasi    :
Menunjukan gambar tata surya

Kegiatan inti :



1.      Guru membagi siswa ke dalam tiga kelompok
2.    Masing-masing kelompok mendiskusikan dan mencari contoh-contoh yang terkait dengan bagian-bagian Asta Iswarya
Penutup :

1.   Penilaian

2.   Refleksi : siswa menyimpulkan hasil diskusi.

Pertemuan VI
Pendahuluan :
1.   Appersepsi :
          
-   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan contoh kemahakuasaan tuhan
2.   Motivasi    :
Menunjukan gambar bayi yang baru lahir


Kegiatan inti :



1.      Guru membagi siswa ke dalam tiga kelompok
2.    Masing-masing kelompok mendiskusikan dan mencari contoh-contoh yang terkait dengan bagian-bagian Asta Iswarya

Penutup :

1.   Penilaian

2.   Refleksi : siswa memberikan kesimpulan tentang perbedaan kemahakuasaan Sang Hyang Widhi dengan kekuasaan manusia yang terbatas.


Sumber Belajar
1.      Buku paket
2.      Buku Panca Sraddha
3.      Isa upanisad


Penilaian Hasil Belajar
1.      Tehnik
-     Tes tertulis
-     Penugasan
2.      Bentuk instrument
-        Uraian
-        Pekerjaan rumah
3.      Soal/Instrumen
-        Uraian
1.      Jelaskan pengertian dari Asta Iswarya !
2.      Jelaskan pengertian dari Cadu Sakti !
3.      Jelaskan perbedaan antara Anima dengan Mahima !
4.      Mengapa manusia tidak mampu melihat keberadaan Tuhan dalam sifatnya yang Anima ?
5.      “Wyapi Wyapaka Nirwikara” berarti................
6.      “Janmadhyasya yatah” berarti ......................
7.      Apa hubungan antara Asta Iswarya dan Cadu Sakti ?
8.      Berikanlah contoh-contoh kemahakuasaan Tuhan sebagai Asta Iswarya yang kamu ketahui !
9.      Mengapa kita harus mempelajari Asta Iswarya ?
10.  Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian Cadu Sakti !
-     Tugas Rumah
1.Buatlah contoh-contoh dari bagian-bagian Asta Iswarya !


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 5 Baturiti



I MADE LANIA ATMAJA, S.Pd.,M.Pd.
Nip. 1960.1231.1981.111060
 
Baturiti, ..................................2010
Guru Mata Pelajaran



I G.N.AG. SANDY WARMAN, S.Pd.H.
Nip.
 
 







0 komentar:

Post a Comment