Advertisement

MENURUNNYA MINAT BELAJAR SISWA



OLEH :


  • NI PUTU DEWI TIA ANDINA ( 5 )
  • I GUSTI AYU DWI AIR NIATI ( 6 )
  • NI KADEK DWI CAHYANTI ( 7 )
  • NI PUTU YUNI ARI (44)





SMA NEGERI 1 PETANG

KEC. PETANG – KAB. BADUNG





KATA PENGANTAR


Om Swastyastu,


Atas Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, peneliti dapat menyelesaikan penelitan yang bertemakan PENDIDIKAN. Penulis menyadari bahwa susunan kata maupun kalimat yang terdapat pada karya ilmiah ini sangat sederhana dan banyak terdapat kekurangan. sehingga penulis banyak memerlukan petunjuk dan bimbingan dari Bapak / Ibu Guru.

Penulis berharap pembuatan karya ilmiah ini dapat berguna bagi pembaca. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi penyempurnaan karya ilmiah ini.

Om Santhi Santhi Santhi Om,

Penulis,



BAB I

PENDAHULUAN


A . LATAR BELAKANG MASALAH

Pendikan merupakan salah satu hal yang paling penting bagi siswa. Hal tersebut diakibatkan karena melalui pendidikan siswa bisa meningkatkan pengetahuannya. Namun, kini hal tersebut tidak bisa diwujudkan karena menurunnya minat belajar siswa yang diakibatkan oleh beberapa hal. Menurunnya minat belajar siswa tersebut tentunya bisa diatasi, agar tujuan pendidikan dapat tercapai.


B . RUMUSAN MASALAH

Dari latar belakang yang ada, dapat dirumuskan beberapa permasalan, yaitu :

  • Apa penyebab menurunnya minat belajar siswa ?
  • Bagaimana cara mengatasi menurunnya minat belajar siswa ?


C . TUJUAN DAN MANFAAT PNELITIAN

Dari suatu penelitian, tentunya ada tujuan dan manfaatnya. tujuan dan manfaat dari penelitian ini yaitu :

  • Tujuan penelitian
    • Untuk mengetahui penyebab menurunnya minat belejar siswa.
    • Untuk mengetahui cara mengatasi menurunnya minat belajar siswa.


  • Manfaat penelitian
    • Dapat mengetahui penyebab menurunnya minat belajar siswa.
    • dapat mengetahui cara mengatasi menurunnya minat belajar siswa.


D . METODE PENELIAN

Di dalam suatu penelitian, tentunya akan meggunakan suatu metode agar mendapatkan hasil penelitian yang baik. Dengan berpedoman pada hal tersebut, maka penelian ini menggunakan metode penelitian diskusi, dimana peneliti melakukan diskusi antar anggota kelompok.


E . SUMBER DATA

Sumber data dari penelitian ini yaitu sumber data primer. Sumber data primer yaitu data diperoleh langsung dari obyek yang di teliti.




BAB II

PEMBAHASAN


2.1 Penyebab Menurunnya Minat Belajar Siswa

  1. Kemunculan HP

Dengan kemajuan teknologi, seperti munculnya HP, Yang kini sudah dimiliki oleh msyarakat dan tidak ketinggalan kini sudah dimiliki para siswa. Akibat menggiurkannya hal-hal yang bisa dilakukan melalui HP tersebut, seperti halnya sms mengakibatkan siswa melupakan tugas utamanya yaitu belajar karena siswa terlalu asyik SMS atau melakukan kegiatan yang lain dengan HP tersebut.

Selain hal tersebut, di khawatirkan hal – hal negatif yang ditimbulkan oleh HP tersebut seperti pada HP kamera, kemungkinan pada HP siswa tersebut tersimpan video porno yang dapat merusak mental para siswa.


  1. Acara di televisi

Tidak hanya kemunculan HP saja yang mengakibatkan menurunnya minat belajar siswa. Namun ada hal lain yang tentunnya mengakibatkan terjadinnya hal tersebut yaitu TELEVISI.(TV) . Di dalam TV tentunya ada acara yang mengacu kepada PENDIDIKAN. Namun , acara yang mengacu kepada pendidikan tersebut jarang disaksikan oleh para siswa, karena umumnya siswa menonton TV hanya untuk menyaksikan hal-hal yang tidak penting seperti kartun dan film percintaan. di dalam acara tersebut tentunya ada hal-hal positif yang dapat diambil namun, umumnya para siswa tidak mengikuti hal-hal positif yang ada pada acara tersebut tetapi malah sebaliknya, siswa mengikuti hal-hal yang negatif.


2.2 Cara Mengatasi Menurunnya Minat Belajar Siswa

Jika minat belajar siswa terus menurun, tentunya akan menimbulkan ke khawatiran akan kemajuan bangsa ini akibat menurunnya minat belajar siswa. agar minat belajar siswa tidak terus menurun, tentunya harus diatasi dengan beberapa cara, yaitu :

  • Siswa harus di berikan penjelasan, betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka.
  • Orang – orang yang ada di sekitar siswa tersebut harus memberikan motivasi untuk belajar terutamanya adalah keluarga
  • Siswa harus bisa membagi waktu antara belajar dan kegiatan lain
  • Siswa tidak boleh meremehkan urusan pendidikan


Selain cara – cara yang tercantum diatas, tentunya masih ada banyak cara lagi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa.





BAB III

PENUTUP


A . Simpulan

Menurunnya minat belajar siswa, ditimbulkan oleh beberapa sebab seperti kemuncunculan HP dan acara yang disaksikan siswa di TV. kedua hal tersebut, tanpa disadari akan menurunkan minat belajar siswa, dimana siswa terlalu asyik bermain HP dan menonton acara-acara yang tidak penting di TV yang mengakibatkan siswa melupakan tugas utamanya yaitu belajar.


B . Saran-Saran

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi masa depan kita. jadi, sudah seharusnya kata sebagai siswa harus menyadari hal tersebut dan meningkatkan minat belajar kita demi masa depan yang cerah.



0 komentar:

Post a Comment