"Selamat datang di situs The Bali Buzz, www.rah-toem.blogspot.com"
Home » , , » Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kurikulum 2013 revisi 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kurikulum 2013 revisi 2017

Advertisement
Hai sahabat the bali buzz, kali ini saya berbagi informasi tentang kompetensi inti dan kompetensi terbaru mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang menonjol, hanya saja ada beberapa penyempurnaan untuk semua bidang keahlian.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kurikulum 2013 revisi 2017
Upacara Ngerorasin
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif dan proaktif melalui keteladanan,pemberian nasehat,penguatan,pembiasaan,dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
1.1        Mengamalkan nilai-nilai Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana

2.1   Menunjukkan perilaku jujur,peduli dalam kehidupan sesuai dengan nilai-nilai Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana

1.2   Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

2.2   Mengamalkan ajaran Upaweda sebagai tuntunan hidup

1.3   Menghayati hakekat Wariga dalam kehidupan

2.3   Mengamalkan Wariga dalam kehidupan sehari-hari

1.4   Mengamalkan ajaran Dharsana dalam Agama Hindu

2.4   Mengamalkan kebenaran yang tertuang dalam ajaran Dharsana

1.5   Memahami pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama

2.5   Mengamalkan ajaran Catur Asrama dalam tatanan hidup

1.6 Menghayati ajaran Catur Warna dalam susastra Hindu

2.6   Mengamalkan pola hidup sesuai dengan tingkatan dan ranah yang diamanatkan Catur Warna

1.7   Mengamalkan perilaku gotong royong dan kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu

2.7   Menjalankan pola hidup gotong royong dan kerjasama serta berinteraksi secara efektif sesuai dengan tatanan ajaran Catur Warna


  Jaen
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian kerja pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional

4.         Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian.
Menunjukkan ketrampilan menalar,mengolah,dan menyaji secara efektif,kreatif,produktif,kritis,mandiri,kolaboratif,komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah

Kelas X
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
3.1   Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajna yang terkandung dalam kitab Ramayana

 4.1    Menyajikan pelaksanaan yadnya menurut kitab Ramayana dalam kehidupan
 15 JP

3.2   Menerapkan ajaran upaweda sebagai tuntunan hidup

 4.2    Melaksanakan ajaran upaweda sebagai tuntunan hidup
 12 JP
3.3   Menerapkan hakekat ajaran Wariga dalam kehidupan

 4.3  Melaksanakan hakekat ajaran wariga dalam kehidupan
 18 JP
3.4   Menganalisis ajaran Dharsana dalam agama Hindu

4.4   Menyajikan ajaran Dharsana  dalam agama Hindu
 18 JP

3.5   Memahami ajaran Catur Asrama
4.5   Menyajikan ajaran Catur Asrama
 15 JP

3.6   Memahami  ajaran Catur Warna dalam susastra Hindu
4.6   Menyajikan ajaran Catur Warna dalam susastra Hindu
 12 JP
3.7   Menerapkan perilaku gotong royong dan kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu

4.7   Mempraktekkan perilaku gotong royong dan kerjasama,serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu

 18 JP




 Kelas XI SMK/SMA 
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
1.8 Memahami ajaran Yoga menurut Susastra Hindu

        

2.8   Memperagakan perilaku ajaran Yoga menurut susastra Hindu

1.9   Memahami ajaran Yajna sesuai dengan ajaran Mahabharata


2.9   Menyajikan perilaku ajaran Yajna dalam kehidupan

1.10 Memahami ajaran Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi

2.10 Mengamalkan perilaku Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi

1.11 Memahami ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan

2.11 Mengamalkan perilaku ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan

1.12 Memahami kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu

2.12 Mengamalkan kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu

1.13 Memahami nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan

2.13 Mengamalkan perilaku ajaran  Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan

1.14 Memahami nilai-nilai ajaran Catur Purusha Arta dalam kehidupan

2.14 Mengamalkan nilai-nilai ajaran Catur Purusha Artha dalam kehidupan

1.15 Memahami perilaku bertanggungjawab,peduli,santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha

2.15 Mengamalkan perilaku bertanggungjawab,peduli,santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha

  
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
3.8   Memahami ajaran Yoga menurut Susastra Hindu

 4.8    Memperagakan sikap Yoga dalam kehidupan sehari-hari
 12 JP
3.9   Memahami ajaran Yajna yang terkandung dalam Mahabarata

4.9   Menyajikan pelaksanaan Yajna menurut Mahabarata dalam kehidupan
 15 JP
3.10 Menerapkan ajaran Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
4.10 Melaksanakan ajaran Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
 12 JP
3.11 Memahami ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan

4.11 Menyajikan  ajaran Wibhuti Marga dalam kehidupan
 18 JP
3.12 Memahami kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu

4.12 Menyajikan kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
 15 JP
3.13 Memahami nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan


4.13 Menalar nilai-nilai ajaran Nwrtti dan Prawrtti Marga dalam kehidupan
 12 JP
3.14 Memahami hakekat ajaran Catur Purusha dalam kehidupan sehari-hari

4.14 Menalar ajaran Catur Purusha dalam kehidupan sehari-hari
 9 JP
3.15 Memahami perilaku bertanggung jawab,peduli,santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
4.15 Menyajikan perilaku bertanggung jawab,peduli,santun dan cinta damai untuk menciptakan keluarga yang rukun,bahagia dan sejahtera sesuai ajaran Wiwaha
 15 JP




 Kelas XII SMK/ SMA
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
1.16 Menghayati ajaran Moksa dalam susastra Weda

2.16 Mengamalkan ajaran  Moksa dalam susastra Weda

1.17 Menghayati  hukum Hindu yang tertuang dalam Susastra Weda

2.17 Mengamalkan sumber hukum Hindu yang tertuang dalam susastra weda

1.18 Menghayati perkembangan kebudayaan Prasejarah dan Sejarah agama Hindu

2.18 Mengamalkan  perkembangan kebudayaan Prasejarah dan Sejarah agama Hindu

1.19 Mengamalkan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam konsep Weda

2.19 Mengamalkan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan nyata

1.20 Menghayati ajaran Nawa Widha Bhakti

2.20 Mengamalkan ajaran Nawa Widha Bakti sebagai ajaran sikap hidup positif dalam kehidupan

1.21 Menghayati ajaran Tri Purusha

2.21 Mengamalkan ajaran Tri Purusha sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi

1.22 Mengamalkan sikap disiplin dan perduli dan bertanggung jawab sesuai dengan ajaran Dasa Yama Bratha

2.22 Mengamalkan ajaran Dasa Yama Bratha dalam kehidupan sehari-hari

1.23 Menghayati konsep ajaran yang tertuang Dasa Nyama Bratha

2.23 Mengamalkan ajaran  Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari

  
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
3.16 Menerapkan ajaran Moksa dalam Susastra Weda

4.16   Melaksanakan ajaran Astangga yoga sebagai jalan untuk mencapai Moksa
 12 JP
3.17 Memahami hukum Hindu dalam susastra Weda
4.17   Menalar hukum Hindu dalam susastra Weda
 12 JP
3.18 Menganalisis  kebudayaan prasejarah dan sejarah  Hindu di Indonesia

4.18 Menyajikan bukti- kebudayaan prasejarah dan sejarah  Hindu di Indonesia
 21 JP
3.19 Menerapkan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan

4.19 Melaksanakan ajaran Yantra,Tantra dan Mantra dalam kehidupan
 12 JP
3.20 Menerapkan ajaran Nawa Widha Bhakti sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan

4.20 Melaksanakan ajaran Nawa Widha Bakti sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan
 12 JP
3.21 Menganalisis Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi

4.21 Mempresentasikan Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
 9 JP
3.22 Menerapkan sikap jasmani, sesuai dengan ajaran Dasa Yama Bratha

4.22 Mempraktekkan ajaran Dasa Yama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
 9 JP
3.23 Menerapkan sikap rohani, sesuai dengan ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari

4.23 Mempraktekkan ajaran  Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
 12 JP



Demikianlah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti tingkat SMA/ SMK pada kurikulum 2013 revisi 2017.



0 komentar:

Post a Comment