Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas x SMA/SMK - kurikulum 2013
Sahabat The Bali Buzz yang tercinta, terutamanya bagi sobat yang berprofesi sebagai guru agama islam yang mungkin sedang kebingungan mencari Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti menurut kurikulum 2013, berikut ini saya berikan silabusnya.
1.A SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : X (sepuluh)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
|
|||||
1.2 Berpegang
teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
|||||
1.3 Meyakini kebenaran hukum Islam
|
|||||
1.4 Berpakaian sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5):
8, Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.
|
|||||
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8):
72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
|
|||||
2.4Menunjukkan
perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur
(24): 2,serta hadits terkait
|
|||||
2.5 Menunjukkan
sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
|
|||||
2.6 Menunjukkan
sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan
perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
|||||
2.7 Menunjukkan
sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah
|
|||||
2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah
sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
|||||
3.1 Menganalisis
Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat
(49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan
menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) :
12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul
huruf.
4.1.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
|
1.
Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkaitperilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum
bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat
(49):10 serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72;
Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,
-
Mengajukan pertanyaan terkait
hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49)
: 10,
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S.
Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat
(49):10 serta hadits terkait.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal
(8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan
hasil diskusi tentang Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu
maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat
(49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait dengan cara mengisi
lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi (hukum bacaan,
kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku
kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
§ sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta
hadits terkait;
-
Membuat paparan
analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis
terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat
(49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis
terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S.
Al-Hujurat (49):10 serta hadits
terkait
|
5x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimediainteraktif dan Internet
|
3.3Menganalisis
Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits
tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan
bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) :
2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan
Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
|
2.
Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan
zina.
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid), dan mencermati kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun
nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
Mendiskusikan
cara membaca sesuai dengan tajwid,
menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan
bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
secara individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta hadits terkait dengan cara mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi (kandungan ayat dan
hukum bacaan)
§ sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait;
-
Membuat paparan
analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta
mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait serta hadits terkait
|
5x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.5 Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3.
Iman
kepada Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
·
Mengamati:
-
Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
:
-
Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
-
Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait
nama-nama Allah yang indah itu?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul
Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir)
-
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku
adil melalui
lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil).
·
Observasi
-
Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat
melalui lembar pengamatan.
-
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi
§ sikap yg ditunjukkan saat
pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat paparan
analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil sebagai
implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
4x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.6 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat
Allah SWT.
4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
|
4.
Imankepada Malaikat
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya):
o
Mengapa
kita harus beriman kepada
malaikat?
o
Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman
kepada malaikat?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh
perilaku beriman kepada Malaikat.
-
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku beriman kepada
Malaikat di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
|
·
Tugas
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT)
·
Observasi
-
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT melalui
lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
-
Membuat paparan
analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang iman
kepada malaikat.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang beriman kepada
malaikat.
|
3x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.7 Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari
ilmu
|
5.
Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang
semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya):
o
Mengapa
harus menuntut ilmu?
o
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
-
Guru mengamati perilaku contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama
melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
·
Tugas
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
·
Observasi
-
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui
lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
-
Membuat paparan
analisis tentang makna
dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
3x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.8 Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad
sebagai sumber hukum Islam.
4.6 Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam.
|
6.
Sumber Hukum Islam
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentangkedudukan al-Quran, al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas
melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya):
-
Mengapa Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam ?
-
Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad di
rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang sumber hukum Islam.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits
dan Ijtihad).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat
isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang
teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi
al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits,
dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang
teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan
menanggapinya.
|
4x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.9 Memahami pengelolaan
wakaf.
4.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan waqaf.
4.7.2 Menyajikan pengelolaan wakaf.
|
7.
Pengelolaan
wakaf
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang pengertian,
ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
· Menanya
(memberi stimulus agar peserta didik bertanya):
o
Mengapa waqaf haarus dikelola?
o
Bagaimana cara mengelola wakaf?
· Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan
wakaf serta pengeloalaannya.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi pengelolaan wakaf.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi pengelolaan wakaf.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang pengelolaan wakaf).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati pengelolaan wakaf.
·
Portofolio
-
Membuat paparan dan menganalisis tentang
pengelolaan wakaf.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang
ketentuan dan pengelolaan
wakaf.
·
Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang
pengelolaan wakaf.
|
2x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.10.1 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
|
8.
Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas
melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
o
Apa substansi dakwah Rasulullah di Mekah?
o
Apa strategi dakwah Rasulullah di Mekah?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
-
Guru mengamati perilaku tangguh dan semangat
menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan
sehari-haridi rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di
Mekah.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW ).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai
implementasi dari pemahaman tentang strategi
dakwah Rasulullah
SAW di Mekah.
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di
Mekah.
-
Membuat paparan tentang perilaku orang-orang
yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang memiliki sikap tangguh
dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.
|
5x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3-9Memahami substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
4-5Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di
Madinah.
|
9.
Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas
melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
o
Apa substansi dakwah Rasulullah di Madinah?
o
Apa strategi dakwah Rasulullah di Madinah?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
-
Guru mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai
implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki
semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Rasulullah SAW di Madinah.
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di
Madinah;
-
Membuat paparan tentang perilaku orang-orang
yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang memiliki sikap semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
|
5x3
JP
|
· Buku PAI Kls
X Kemdikbud
· Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas x SMA/SMK sesuai kurikulum 2013. Semoga dapat membantu anda sekalian.
Post a Comment for "Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas x SMA/SMK - kurikulum 2013"