Home » , » Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas x SMA/SMK - kurikulum 2013

Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas x SMA/SMK - kurikulum 2013

Advertisement

Sahabat The Bali Buzz yang tercinta, terutamanya bagi sobat yang berprofesi sebagai guru agama islam yang mungkin sedang kebingungan mencari Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti menurut kurikulum 2013, berikut ini saya berikan silabusnya.


1.A SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : X (sepuluh)



Kompetensi Inti :

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.





1.2 Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam






1.3 Meyakini kebenaran hukum Islam





1.4 Berpakaian sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari





2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.





2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait





2.3 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait





2.4Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2,serta hadits terkait





2.5 Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait





2.6 Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)





2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah





2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah





3.1 Menganalisis  Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
1.   Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkaitperilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
-       Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
-       Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,
-       Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadits terkait.
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
-       Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.
·      Mengkomunikasikan:
-       Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
·      Tugas
-       Menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  isi diskusi (hukum bacaan, kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
·      Portofolio
-       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-       Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10;
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis terkait.
·      Tes tulis
-       Menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-       Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis terkait.
·      Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait
5x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku tajwid
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimediainteraktif dan Internet

3.3Menganalisis  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
2.   Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.


·      Mengamati
-       Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
-       Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
·      Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca sesuai dengan tajwid,  menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
·      Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
·      Tugas
-       Menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
·      Portofolio
-       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait;
-       Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2;
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Tes tulis
-       Menyalin Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-       Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·      Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait  serta hadits terkait
5x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku tajwid
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.5 Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
3.   Iman kepada Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
·      Mengamati:
-       Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-       Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya) :
-       Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
-       Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait nama-nama Allah yang indah itu?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-       Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi di atas.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil).
·      Observasi
-       Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolio
-       Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
·      Tes lisan
-       Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil  sebagai implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
4x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.6 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT

4.   Imankepada Malaikat
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
-       Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya):
o   Mengapa  kita harus beriman  kepada malaikat?
o   Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku  beriman kepada Malaikat.
-       Guru mengamati perilaku  beriman kepada Malaikat melalui lembar pengamatan di sekolah.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  beriman kepada Malaikat di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang  beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT)
·      Observasi
-       Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·      Portofolio
-       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
-       Membuat paparan analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  iman kepada malaikat.
·      Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.

3x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.7 Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu


5.   Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama
-       Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya):
o   Mengapa  harus menuntut ilmu?
o   Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
-       Guru mengamati perilaku  contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
·      Observasi
-       Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·      Portofolio
-       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
-       Membuat paparan analisis tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
3x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.8 Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.6 Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam.


6.   Sumber Hukum Islam
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentangkedudukan al-Quran, al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-       Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya):
-       Mengapa  Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam ?
-       Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-       Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad di rumah.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·      Mengkomunikasikan:
-       Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang sumber hukum Islam.
·      Tugas
-       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
·      Portofolio
-       Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan  uraian tentang  kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·      Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya.
4x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.9 Memahami pengelolaan  wakaf.
4.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan waqaf.
4.7.2 Menyajikan pengelolaan wakaf.


7.   Pengelolaan  wakaf
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentang pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
-       Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya):
o   Mengapa waqaf haarus dikelola?
o   Bagaimana cara mengelola wakaf?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan wakaf serta pengeloalaannya.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan materi pengelolaan  wakaf.
·      Mengkomunikasikan
-       Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi pengelolaan  wakaf.
·      Tugas
-       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang pengelolaan  wakaf).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati pengelolaan wakaf.
·      Portofolio
-       Membuat paparan dan menganalisis tentang pengelolaan  wakaf.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  ketentuan dan pengelolaan  wakaf.
·      Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan tentang pengelolaan  wakaf.

2x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.10.1 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW  di Mekah.
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW  di Mekah.
8.   Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW 
-       Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
o   Apa substansi dakwah Rasulullah di Mekah?
o   Apa strategi dakwah Rasulullah di Mekah?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Mekah.
-       Guru mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-haridi rumah.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Mekah.
·      Mengkomunikasikan
-       Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Mekah.
·      Tugas
-       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW ).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.
·      Portofolio
-       Membuat paparan tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Mekah.
-       Membuat paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Mekah.
·      Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.

5x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3-9Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW  di Madinah.
4-5Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah.
9.   Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di  Madinah
·      Mengamati
-       Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah
-       Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
o   Apa substansi dakwah Rasulullah di Madinah?
o   Apa strategi dakwah Rasulullah di Madinah?
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah.
-       Guru mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah.
·      Mengkomunikasikan
-       Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah.
·      Tugas
-       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
·      Portofolio
-       Membuat paparan tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah;
-       Membuat paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
·      Tes tulis
-       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  substansi dan strategi dakwah Rasullullah  SAW di Madinah.
·      Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
5x3
JP
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet



Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas x SMA/SMK sesuai kurikulum 2013. Semoga dapat membantu anda sekalian.


0 komentar:

Post a Comment