Home » , , » Pertanyaan dan Jawaban tentang Pramuka dan Kepramukaan

Pertanyaan dan Jawaban tentang Pramuka dan Kepramukaan

PERTANYAAN
  1. a)Apa itu Kepramukaan
    • Apa itu gerakan Pramuka
    • Apa itu Pramuka
  1. Jelaskan arti kiasan dari lambing gerakan pramuka!
  2. Siapa pencetus lambing gerakan pramuka dan ditentukan dalam Kepres berapa?
  3. Jelaskan arti kiasan dari Siaga, Penggalak, Penegak!
  4. Anggota gerakan pramuka dibagi menjadi 2 yaitu anggota muda dan anggota dewasa. Jabarkan yang dimaksud anggota muda!


JAWABAN
1.                  a) Kepramukaan adalah proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan (PDK) dan metode kepramukaan (MK) yang sasaran akhirnya pembentukan watak, ahlak dan budi pekerti luhur.

    • Gerakan pramuka atau gerakan kepanduan Praja muda karena merupakan satu-satunya wadah (organisasi) berbadan hokum yang berhak menyelenggarakan kepramukaan di Indonesia.
    • Pramuka merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka, yaitu meliputi: Pramuka siaga, Pramuka penggalang, pramuka penegak dan Pramuka pendega.
2.      Bentuk dan Arti Kiasan
                Bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :
a.       Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
b.      Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.
c.       Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.
d.      Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
e.       Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
f.       Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia

3.      Lambang gerakan pramuka dicetuskan oleh Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972

4.      ISTILAH DAN ARTI KIASAN GOLONGAN PADA GERAKAN PRAMUKA
I. Arti kiasan golongan Siaga (S) :
Kemudian segeralah kita memulai dengan pembangunan yang membutuhkan bantuan kesadaran yang tinggi dan penataan yang baik.
·         Siaga Mula,
·         Siaga Bantu, dan
·         Siaga Tata.
II. Arti kiasan golongan Penggalang (G) :
Bangsa kita mencari ramuan atau bahan-bahan serta kemudian dirakit, atau disusun dan akhirnya kita terapkan dalam pembangunan bangsa dan negara.
Penggalang terdiri dari tiga tingkatan yaitu :
·         Penggalang Ramu,
·         Penggalang Rakit, dan
·         Penggalang Terap.
III. Arti kiasan golongan Penegak (T) :
Dalam membangun kita memerlukan atau membutuhkan bantara-bantara atau ajudan, pengawas, kader pembangunan yang kuat, terampil dan bermoral yang sanggup melaksanakan pembangunan.
Penegak terdiri dari dua tingkatan yaitu :
·         Penggalang Bantara, dan
·         Penggalang Laksana.

5.      Anggota muda di gerakan pramuka terdiri dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega
I. ISTILAH SIAGA
Istilah siaga adalah masa menyiagakan masyarakat ketika menghadapi pemerintah kolonial belanda dalam merintis kemerdekaan RI. Ditandai dengan masa Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908.

II. ISTILAH PENGGALANG
Istilah Tebalpenggalang adalah masa menggalang persatuan dan kesatuan pemuda, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

III. ISTILAH PENEGAK
Istilah penegak adalah masa menegakkan negara kesatuan Republik Indonesia dengan Proklamasi, tanggal 17 Agustus 1945.

IV. ISTILAH PANDEGA
Istilah pandega adalah masa memandegani mengelola pembangunan dan mengisinya.

0 komentar:

Post a Comment