1:06 PM
0
NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN adalah Nomor yang diberikan bagi warga negara Indonesia yang masih terdata sebagai Peserta Didik baik ditingkat SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengak Pertama) dan SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan).

Sesuai dengan yang tercantum pada situs http://jardiknas.diknas.go.id/cont/peta_situs.php, pengertian dari NISN adalah sebagai berikut:
  1. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah kode pengenal siswa yang bersifat unik dan membedakan satu siswa dengan siswa lainnya.
  2. Penerapan kode pengenal siswa selama ini masih belum ada standar yang baku. Aturan penyusunan kode pengenal siswa antar satu sekolah bisa berbeda dengan sekolah lain. Dengan mekanisme pemberian kode pengenal siswa yang tidak baku secara nasional, maka rentan terjadinya data siswa ganda yang pada akhirnya sulit untuk mendata secara akurat data siswa-siswa di Indonesia.
  3. Akibat dari tidak adanya standarisasi ini, muncul kesulitan dalam proses manajemen pengelolaan data siswa dalam skala nasional. Karena itu dirasa sangat penting untuk melakukan standarisasi kodifikasi yang diterapkan kepada seluruh siswa di Indonesia. Dengan standarisasi ini, NISN akan benar-benar bersifat unik dan menjadi pembeda utama antar satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia.
Bagaimana cara mengecek atau mengetahui NISN yang dimiliki oleh seorang pelajar ketika dia lupa ataupun menghilangkan kartu NISN yang ia miliki?
baik, bagi adik-adik pelajar yang mungkin lupa dengan NISN nya tidak perlu khawatir. karena untuk sekarang pengecekan NISN dapat dilakukan secara real time atau terus menerus melalui situs resmi Kementrian Pendidikan Nasional dengan url addressnya http://nisn.data.kemdiknas.go.id .

Bagaimana Cara Mengecek NISN nya?
langkah-langkah mengecek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) melalui situs tersebut adalah:
  1. Masukan alamat situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada address bar di browser anda atau silahkan klik Disini.
  2. Tampilan Awal situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id
    halaman muka situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/
  3. Setelah tampilan diatas muncul, dibagian isinya silahkan pilihan DATA SISWA di bagian Menu Pilihan pada halaman situs atau klik DISINI! 
    • tunggu sampai muncul tampilan berikut:
  4.  Nah pada tampilan diatas, silahkan klik 
    • Pencarian berdasarkan NISN untuk mengetahui rincian data berdasarkan Nomor NISN yang dimasukan atau
    • Pencarian Berdasarkan Nama untuk melihat data yang berisi NISN anda. 
  5. untuk mengetahui NISN, silahkan klik pilihan kedua yaitu  Pencarian Berdasarkan Nama.
    • Contoh form pencarian Data NISN
      Form pencarian NISN
    •  setelah di klik akan muncul Form seperti gambar berikut:
  6.  Selanjutnya, lengkapi kolom-kolom yang di Form tersebut dengan data yang benar baik itu Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahirnya.
  7. terakhir tinggal klik CARI maka Nomor NISN akan ditampilkan.

catatan:
  • Mengisi kolom pada form tersebut harus benar, berbeda satu karakter saja tidak akan diterima oleh sistem.

SELAMAT MENCOBA, dan SEMOGA INFO INI BERGUNA.

0 komentar:

Post a Comment