Home » » Video - upacara Penguburan Jenasah di Bali

Video - upacara Penguburan Jenasah di Bali

Advertisement
video
Mungkin ada banyak pertanyaan kenapa di bali juga ada upacara Penguburan mayat..?..
 Sesungguhnya dalam Hindu mengajarkan bahwa semua yang ada di alam ini adalah berasal dari satu sumber yaitu Tuhan. dalam teori penciptaan di Hindu menyebutkan bahwa dunia beserta isinya terjadi secara bertahap yaitu mulai dari Tuhan dalam keadaan Nirguna Tattwam meng-adakan diri-Nya menjadi Saguna. dalam keadaan beliau yang Saguna (Tuhan dg sifatNya, Berkepribadian, dapat dipikirkan) mulai proses penciptaan. pertama Tuhan menjadikan dirinya sebagai Siwa/Rudra,
kemudian munculah Purusa dan Prakerti. sampai akhirnya
nanti muncul unsur panca maha butha. dari Panca Maha Butha yang berevolusi akhirnya muncul alam semesta beserta isinya. (selengkanya dapa dibaca pada artikel Penciptaan Bhuana Agung dan Bhuana Alit).
pada akhirnya nanti semua yang ada harus kembali padaNya termasuk manusia. Hindu mengajarkan agar umatnya bisa mencapai penyatuan dengan Tuhan (moksa) . tentunyalah ketika kita meninggal nanti haruslah tubuh ini dikembalikan keasalnya yaitu ke unsur Panca Maha Btha. untuk membantu mempercepat kembalinya tubuh ke unsur tersebut dilaksanakanlah Upacara ngaben. akan tetapi ketika seseorang yang meninggal pas saat proses upacara dewa yadnya ataupun dalam persiapan uacara dewa yadnya maka biasany mayat akan dianggap sebagai orang tidur (sirep) ataupun di titipkan pada ibu pertiwi (mekingsan) sampai akhirnya menunggu hari baik (menurut padewasan) untuk meakukan upacara Ngaben (pitra yadnya).

0 komentar:

Post a Comment